6 October 2024 03:01
Berita DaerahReportase

Inovasi Literasi Leksam Cileunyi dan Market Day Program Tantangan Memberikan Pengalaman pada Siswa

Pengawas SD Satker Disdik Cileunyi Entis Sutisna, S.Pd memberikan sambutan dalam kegiatan monev literasi (Foto: Iman)

HIBAR – Monitoring dan evaluasi (monev) tantangan literasi Leksam dibawah koordinasi Disdik Kabupaten Bandung dilaksanakan di kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, Sabtu (21/9/2024) di Yayasan Al Almanah.Tim monev literasi tersebut yang gagas oleh Ketua koordinator Leksam SD Hildawati, S.Pd,M.AP bersama rekan rekan dan di pimpin kegiatan monev oleh Hj. Eni Rohaeni, S.Pd, M.MPd. Dalam pelaksanaan monitoring dihadiri oleh para kepala sekolah , pengawas dan guru pembimbing di Satker Disdik Cileunyi, Ketua PGRI Cileunyi Aan Suryana, S.Pd. Disambut dengan penampilan kirab irama serta penampilan seni dan sastra para siswa peserta tantangan, Maya dari SDN Percobaan Cileunyi.

Penampilan drumband Cileunyi (Foto: Iman)

Aan Suryana Ketua PGRI Cileunyi (Foto Iman)
Korcam Cileunyi Dr. Nunung memberikan sambutannya (Foto Iman)

Hj. Dr. Nunung Kurniasih, M.Pd Korcam Leksam Cilenyi menyampaikan dampak dari program tantangan Leksam serta inovasi program yang dilaksanakan Tim Leksam Cileunyi.

Tim monev tantangan literasi Leksam (foto Iman)

“Sekolah yang terlibat dalam program tantangan cileunyi ada 56 sd, dengan 57 tim GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Program yang berkesan pada tantangan leksam 2024 adalah market day. Kami pun di Leksam Cileunyi memiliki Inovasi dalam GLS yaitu pertama, Silici (Silaturaim Literasi Cileunyi) yang suka mengadakan pertemuan dan diskusi. Kedua, Littour yaitu literasi tour berkunjung untuk menambah wawasan insyaallah kami akan berkunjung ke perpustakaan daerah.” katanya.

Hasil karya GLS Cileunyi (Foto Iman)

Entis Sutisna, S.Pd Pengawas SD satker Disdik Cileunyi menyampaikan harapannya dalam gerakan literasi tersebut agar dampaknya dapat terlihat pada siswa.
” Dari program literasi harus terlihat dampaknya menyapu pada seluruh anak membiasakan dengan literasi. Impactnya tidak hanya baca tulis tapi bisa memahami yang siswa baca. Saya berharap pada satuan pendidikan yang dipupuk itu tidak hanya peserta tantangan tapi bisa menyapu keseluruh siswa. Membuka mata hari membuka jendela anak anak dalam peningkatan pengetahuan. Selamat melaksanakan tugas untuk tim monev” ujarnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan memberikan apresisasi penghargaan pada duta baca Cileunyi yang telah meraih prestasi di tingkat kabupaten bandung dalam berbagai perlombaan.

Monitoring dan evaluasi terbagi dalam beberapa kelompok. Kegiatan evaluasi untuk Kepala sekolah selaku pimpinan satuan pendidikan yang diisi oleh Hj. Eni Rohaeni serta kegiatan monitoring para guru pembimbing dengan melihat hasil karya literasi siswa selama 8 bulan berjalan yang di susun dalam bentuk portofolio sekolah masing masing.
“Gerakan Literasi disekolah harus berdampak pada prestasi siswa dan rapot pendidikan sekolah”, ujar Eni.(*)

Iman

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *