12 April 2025 18:53
Berita DaerahReportase

Gerakan Literasi di Cangkuang, 100% SD Negeri Mengikuti Program Tantangan Leksam 2024

Ketua PGRI Cangkuang, Pengawas, Kepala Sekolah dan tim monev di cangkuang (Foto: Iman)

HIBAR -Monitoring dan evaluasi (monev) tantangan literasi Leksam bekerjasama dengan Disdik Kabupaten Bandung dilaksanakan di kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung, Sabtu (7/9/2024) di SDN Malakasari. Tim monev literasi tersebut yang gagas oleh Ketua koordinator Leksam SD Hildawati, S.Pd,M.AP bersama rekan rekan. Dalam pelaksanaan monitoring dihadiri oleh para kepala sekolah , pengawas dan guru pembimbing di Satker Disdik Cangkuang.

Disambut tim monev dengan tarian sunda yang ditampilkan oleh siswa siswi serta pengalungan bunga sebagai tanda selama datang di wilayah Cangkuang.

Emalia,S.Pd Korcam Leksam Cangkuang (Foto: Iman)

Emalia, S.Pd Kooordinator Kecamatan ( Korcam) Leksam Cangkuang menjelaskan bahwa program tantangan literasi memberikan pengalaman yang baik baik siswa dan keterlibatan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) di cangkuang meningkat dari tahun 2023.
“Sebagai gambaran kalau tahun kemarin 2023 GLS yang terlibat hanya 8 sekolah, akan tetapi tahun 2024 alami peningkatan GLS yang terlibat. Alhamdulillah, 100% semua SD negeri mengikuti program tantangan Leksam 2024.” kata Emalia.
Emalia, S.Pd

“Program literasi leksam 2024 sangat menarik untuk anak, bahkan saya pun menerapkan program tantangan tersebut untuk disekolah pada semua kelas melalui program di Perpustakaan”, pungkas Emalia.

Emalia pun berharap gerakan literasi di kecamatan Cangkuang tetap aktif kuat berjalan mengirimkan tim GLS dalam program tantangan. Hal tersebut tidak lepas dari dukungan kepala sekolah dan guru pembimbing.

Sumarni, S.Pd melaksanakan penilaian Tantangan Literasi 2024 (Foto: Iman)

” Hasil dari penilaian, Ki Leksam (pohon literasi) di kecamatan Cangkuang sangat kreatif yang dibentuk diorama baca dengan berbagai model” ,ucap Sumarni, S.Pd tim Monev Leksam. (*)

Iman

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *