7 October 2024 05:41
Berita Daerah

Dicky Anugrah: Revitalisasi Pasar Banjaran Sudah Direncanakan Sejak RPJMD 2006

Dicky Anugrah: Revitalisasi Pasar Banjaran Sudah Direncanakan Sejak RPJMD 2006

HIBAR PGRI– Terkait pembangunan Pasar Sehat  Banjaran, pada dasarnya program tersebut bukanlah sebuah kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Bandung yang tiba-tiba, namun kebijakan  ini merupakan bagian dari rencana penataan kota Banjaran yang memang sudah tertuang dalam RPJMD (Rencana Pebangunan Jangka Menengah daerah) Kabupaten Bandung sejak tahun 2006 dan berlanjut pada RPJMD kabupaten Bandung 2021-2026. Hal tersebut diungkapkan kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung Dicky Anugrah di ruang kerjanya pada hari Rabu (07/6/23).
 
“Kita pun pada tahun 2018 pernah menerima audiensi dengan warga pedagang Pasar Banjaran di Komisi D DPRD Kabupaten Bandung pada tahun 2018 dengan kesimpulan hasil audiensi tersebut dinyatakan bahwa Pemkab Bandung harus segera melakukan revitalisasi Pasar Banjaran akibat dari kesemerawutan penataan Kota Banjaran. Karena permasalahan penataan kota Banjaran itu identik dengan permasalahan pasar dan terminal.
 
Selanjutnya Dicky menjelaskan bahwa sampai dengan hari ini  (Rabu, 07/06/23), tercatat sudah 1320 pedagang yang menempati Tempat Penampungan Berdagang Sementara (TPBS)  dari 1690 TPBS yang disediakan Pemkab Bandung.
“jadi hanya bersisa 370 TPBS yang belum terisi karena ada pedagang yang belum mengambil kunci dan belum sepaham dengan program pemerintah ini ”, ungkap Dicky.
 
Dicky mengatakan bahwa sosialisasi tentang revitalisasi pasar banjaran telah beberapa kali  dilakukan oleh Pemkab Bandung yaitu sejak dilakukan pengkajian, setelah lelang dilaksanakan dan setelah PT.Bangun Niaga Perkasa ditetapkan sebagai pemenang tender.  
Menurut Dicky bagi pedagang yang belum sependapat atau setuju dengan program revitalisasi ini, pada prinsipnya Pemkab Bandung siap untuk bermusyawarah dan memberikan layanan informasi terkait dengan persoalan- persoalan di lapangan, penjelasan tentang revitalisasi pasar Banjaran dan pendaftaran kios atau lapak.
“Jangan sampai ada kesan bahwa Pemkab Bandung tertutup dengan persoalan ini. Buktinya banyak pedagang yang sudah mendaftar karena mereka sudah memahami. Kita sudah melakukan sosialisasi. Pedagang yang tidak paham karena mereka tidak ikut sosialisasi terkait revitalisasi pasar Banjaran ini”, ungkap Dicky lebih lanjut.
 
Dicky mengatakan bahwa terkait dengan progres relokasi, Pemkab bandung juga  telah mengarahkan para PKL Pasar Banjaran yang menjadi persoalan penataan kota dan menjadi faktor kemacetan di Kota Banjaran..
“sudah seluruhnya dipindahkan juga ke  TPBS. Kondisi saat ini Kota Banjaran sudah tidak terlihat macet”, ungkap Dicky.
 
Berkaitan dengan gugatan yang sedang berjalan di PTUN, Dicky menegaskan bahwa gugatan tersebut tidak berdampak pada penghentian proses revitalisasi Pasar Banjaran.
“Tidak ada perintah untuk menghentikan atau menangguhkan tahapan revitalisasi ini karena objek gugatannya akan dilakukan bersama dengan proses pengadilan.” Ungkapnya.
Di tempat terpisah perwakilan dari Divisi Legal PT. Bangun Niaga Perkasa,  Sahnan Pranata mengatakan bahwa PT. Bangun Niaga Perkasa saat ini sedang melaksanakan pendaftaran, verifikasi bagi para pedagang yang akan dipindahkan ke  TPBS Pasar Banjaran yang berlokasi di Alun-Alun Kota Banjaran dan bekas TPS Pasar Banjaran. 
 
Selain pendaftaran, PT. Bangun Niaga Perkasa masih terus melakukan sosialisasi dan pemahaman secara intensif kepada para pedagang yang belum mendaftar dan terverifikasi baik melalui surat edaran maupun door to door dari petugas pemasaran.
“Alhamdulliah sosialisasi yang kami lakukan berjalan lancar, setiap hari ada pedagang yang mendaftar, diverifikasi dan menerima kunci. Kami sampai saat ini terus memberikan pemahaman kepada para pedagang bahwa pembangunan ini harus tetap berjalan sesuai prosedur yang telah diamanahkan kepada perusahaan kami.” Kata Sahnan.
Terkait dengan berbagai isu negatif perihal revitalisasi ini, Sahnan Pranata berharap agar masyarakat terutama para pedagang tidak terpengaruh dan menanggapinya.
“Untuk lebih jelasnya datang saja ke Kantor Pemasaran PT.Bangun Niaga Perkasa di Jalan Statsiun Banjaran pada jam kerja pukul 09.00 s.d. 17.00 wib  agar kami bisa menerangkan dengan sejelas-jelasnya.
 
Menutup penjelasannya, Sahnan berharap agar masyarakat tidak terpancing dengan isu-isu tang berkembang saat ini.
“ Di lapangan itu ada isu indikasi bahwa harga kios atau lapak mahal atau pembayaran rumit. Padahal apabila daftar saja tanpa membawa biayapun kami layani. Untuk uang muka pun kami tidak memberatkan. yang penting mereka tertampung, mendaftar dan terverifikasi oleh kami”. pungkasnya.***(imn)

“LIANG COCOPET”

“LIANG COCOPET” OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA “Liang Cocopet” adalah ungkapan umum dalam kehidupan masyarakat. Tatar Sunda, yang intinya menggambarkan tempat

Read More »

Tanda Terimanya Sebuah Amal

MUHASABAH AKHIR PEKANMinggu, 6 Oktober 2024 TANDA DITERIMANYA SUATU AMAL BismillahirrahmanirrahiimAssalamu’alaikum wr wbrkt… Saudaraku,Perlulah kita ketahui bahwa tanda diterimanya suatu amalan adalah apabila

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *