27 October 2024 16:24
Berita DaerahReportase

36 Sekolah Terlibat Program Tantangan Literasi Leksam di Cikancung 2024

Monitoring Tantangan Literasi di Cikancung (Foto: Iman)
HIBAR -Monitoring dan evaluasi (monev) tantangan literasi Leksam (Literasi edukasi keluarga anak dan masyarakat) dibawah koordinasi Disdik Kabupaten Bandung dilaksanakan di kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung, Jumat (25/10/2024) di SDN Cikancung 04. Tim monev literasi tersebut yang gagas oleh Ketua koordinator Leksam SD Hildawati, S.Pd,M.AP bersama rekan rekan dan di pimpin kegiatan monev oleh Hj. Eni Rohaeni, S.Pd, M.MPd. Dalam pelaksanaan monitoring dihadiri oleh para pengawas, PGRI Cabang, kepala sekolah , pengawas dan guru pembimbing di Satker Disdik Cikancung. Dalam menyambut tim monitoring, Leksam Cikancung menampilkan seni tari dari  siswa.
 

Erum Rumiasih, S.Pd Korcam Leksam Cikancung menyampaikan apresiasi keterlibatan peserta dan guru pembimbing yang telah mengalami peningkatan dari tahun 2023.  
“Ketelibatan peserta sejumlah 35 SD dan 1 MI, Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendorong dalam gerakan literasi sekolah,” kata Erum

Endang Syamsudin, S.Pd,MM Pengawas menyampaikan dalam kegiatan tabtangan tersebut mendorong siswa menanpilkan hasil karya sendiri ,hal tersebut merupakan bentuk pembelajaran P5.
” Kondisi saat ini anak susah ubtuk diajak membaca tidak saja oengetahuan umum, dipengajian saja demikian. Hal tersebut karena dampak negatif dari gadget (HP). Ini semua adalah produk P5, anak bisa baca puisi, bisa pidato, dan yang lainnya” ujar Endang.

Tatang, M.Pdi Pengawas Kemenag Cikancung, memberikan apresiasi tehadap program tantangan yang dilaksanakan di cikancung karena dirasakan dampaknya pada siswa. Begitu pula Cecep Nurjaman,S.Pd, sebagai Ketua K3S akan terus mendukung kegiatan Leksam.
“Kami mendukung dan terus berlanjut dalam kegiatan literasi ini “, kata Cecep.

Monitoring dan evaluasi terbagi dalam beberapa kelompok. Kegiatan evaluasi untuk Kepala sekolah selaku pimpinan satuan pendidikan yang diisi oleh Hj. Eni Rohaeni serta kegiatan monitoring para guru pembimbing dengan melihat hasil karya literasi siswa selama 8 bulan berjalan yang di susun dalam bentuk portofolio sekolah masing masing.
“Gerakan Literasi disekolah harus berdampak pada prestasi siswa dan rapot pendidikan sekolah”, ujar Eni.(*)

Iman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *