14 October 2024 05:19
Berita Nasional

Kemendikbudristek Beri Apresiasi Aksi Nyata Penggerak Peduli Literasi dan Numerasi

HIBAR – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Apresiasi Aksi Nyata Literasi dan Numerasi, sebagai bentuk pengakuan  dan penumbuh semangat atas upaya satuan pendidikan, mitra pembangunan, komunitas literasi, dan perguruan tinggi dalam melakukan aksi nyata  penguatan literasi dan numerasi demi tercapainya transformasi pembelajaran di Indonesia. Bertempat di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Kemendikbudristek, pemberian apresiasi ini merupakan rangkaian dalam kegiatan Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran yang berlangsung 11-12 Oktober 2024. 

“Ini adalah momen yang sangat membanggakan karena berbagai unsur kepentingan di pendidikan mulai dari perguruan tinggi, dunia usaha dan dunia industri, mitra, guru dan kepala sekolah menunjukkan bahwa kita semua peduli untuk membangun pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak kita,” kata Direktur Sekolah Dasar, Muhammad Hasbi, di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Kemendikbudristek, pada Sabtu (12/10). 

 
Apresiasi Aksi Nyata Literasi dan Numerasi ini terdiri dari 3 kategori, yaitu: sadar literasi dan numerasi, penggerak literasi dan numerasi, dan mitra literasi dan numerasi. 

“Dari empat ribu lebih penggerak literasi dan numerasi, kami mengkurasi dan memberikan apresiasi kepada 58 penggerak literasi dan numerasi. Semoga melalui apresiasi ini dapat menguatkan peran kita semua dalam pemulihan pembelajaran,” ujar Penanggung Jawab Project Management Officer Pemulihan Pembelajaran Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), Sulastri. 

Penerima penghargaan Kategori Penggerak Literasi dan Numerasi, Sri Kurnawati perintis hadirnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kasih di Kota Jayapura mengucap syukur dan terharu atas apresiasi yang diberikan Kemendikbudristek kepada TBM yang dibentuk sejak pertengahan 2020 di masa Pandemi Covid-19.
 
Lewat taman bacaan ini, Sri  menyebarkan pengetahuan dan aneka pelatihan bagi masyarakat, terutama anak-anak dan kaum ibu. Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kasih terletak di pinggir jalan Trans-Papua yang menghubungkan Kota Jayapura ke Kabupaten Keerom, tepatnya di Kampung Biak, kawasan Abe Pantai, Distrik Abepura. TBM Kasih menempati ruang tamu dan halaman rumah Sri dan keluarga.
 
“Saat ini TBM kami memiliki lebih dari 2500 koleksi buku, sedangkan aktivitas yang kami lakukan antara lain  Noken Literasi, Literasi Baca Tulis, Membaca Nyaring dan Perpustakaan Inklusi untuk mama Papua,” ujar Sri Kurniawati ibu tiga anak.

 
“Saya harap pegiat literasi yang tahun ini belum mendapat apresiasi dari pemerintah tidak patah semangat. Justru terus berjuang dengan tulus untuk membangun masyarakat Indonesia yang literat,” ujarnya.(*)
 
 
Iman

Kekhawatiran Nabi Kepada Pemimpin yang Bodoh

𝓑𝓲𝓼𝓶𝓲𝓵𝓵𝓪𝓪𝓱𝓲𝓻𝓻𝓪𝓱𝓶𝓪𝓪𝓷𝓲𝓻𝓻𝓪𝓱𝓲𝓲𝓶Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barokatuuh Ahad, 13 Oktober 2024 / 10 Rabi’ul Akhir 1446 Kekhawatiran Nabi Terhadap Pemimpin yang Bodoh

Read More »

Empat orang yang tidak tersentuh api neraka

𝓑𝓲𝓼𝓶𝓲𝓵𝓵𝓪𝓪𝓱𝓲𝓻𝓻𝓪𝓱𝓶𝓪𝓪𝓷𝓲𝓻𝓻𝓪𝓱𝓲𝓲𝓶Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barokatuuh  Sabtu, 12 Oktober 2024 / 9 Rabi’ul Akhir 1446 Empat Orang yang Tidak Tersentuh Api Neraka   عَنْ عَبْدِ

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *