4 October 2024 17:40
Berita Nasional

Bali Berhasil Alokasikan Anggaran Pendidikan 20 Persen, Legislator Berharap Daerah Lain Mencontohnya

HIBAR – Anggota Komisi X DPR RI, Andi Muawiyah berharap Provinsi lain mencontoh Bali yang benar-benar menganggarkan 20 persen APBD (anggaran pendapatan belanja daerah) untuk bidang pendidikannya.
 
“Tadi kami mendapat pemaparan dari Sekda Bali bahwa dari Rp 6,9 triliun APBD Bali, sebanyak Rp 1,9 triliunnya digunakan untuk pendidikan Bali, baik itu untuk siswa, guru-gurunya, maupun fasilitas sekolah, baik itu negeri maupun swasta. Itu tentu langkah yang sangat baik dan harus diikuti oleh provinsi atau daerah lainnya,” ungkap Andi saat kunjungan kerja spesifik Komisi X DPR RI ke Bali, Selasa (27/8/2024).
 
 
Dilanjutkan Politisi Fraksi PKB ini,apa yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bali itu sejatinya sesuai dengan amanat konstitusi yang menetapkan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN/APBD. Sehingga tidak heran jika kemudian sektor pendidikan di Bali ini termasuk yang terbaik. 
 
 
Bahkan, dari anggaran tersebut, Bali telah memiliki boarding school yang dikhususkan bagi siswa miskin ekstrem. Artinya yang tidak hanya sekedar tidak mampu lewat secarik kertas. Namun telah dibuktikan secara langsung kondisi keluarganya yang tidak mampu. Sementara siswa tersebut termasuk yang berprestasi.
 
“Dengan anggaran pendidikan yang dimilki Bali, Bali punya SMK Negeri Bali Mandara yang merupakan boarding school. Sekolah berasrama untuk siswa berprestasi, namun berasal dari keluarga tidak mampu. Dan banyak lulusan sekolah tersebut yang diterima di Perguruan tinggi negeri, Akpol dan Akmil. Tentu harus kita apresiasi,” paparnya.
 
Dari sana legislator asal daerah pemilihan Sulawesi Selatan II ini berharap agar kebijakan yang sangat baik dari Pemprov Bali ini bisa dicontoh oleh daerah atau lainnya. Sehingga akan semakin banyak siswa miskin dan berprestasi yang terbantu. Hingga pada akhirnya dektor pendidikan Indonesia juga akan semakin berkembang secara keseluruhan.(*)
 

Iman

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *