6 October 2024 05:52
Sentuhan Qalbu

Puasa Syawal

๐“‘๐“ฒ๐“ผ๐“ถ๐“ฒ๐“ต๐“ต๐“ช๐“ช๐“ฑ๐“ฒ๐“ป๐“ป๐“ช๐“ฑ๐“ถ๐“ช๐“ช๐“ท๐“ฒ๐“ป๐“ป๐“ช๐“ฑ๐“ฒ๐“ฒ๐“ถ

Jum’at, 12 April 2024 / 3 Syawal 1445

Puasa Syawal

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุฃูŽูŠู‘ููˆุจูŽ ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ุตูŽุงุฑููŠู‘ู ุฑูŽุถููŠ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู โ€ฆ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุชู’ุจูŽุนูŽู‡ู ุณูุชู‘ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุดูŽูˆู‘ูŽุงู„ู ูƒูŽุงู†ูŽ ูƒูŽุตููŠูŽุงู…ู ุงู„ุฏู‘ูŽู‡ู’ุฑู[ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุฌู…ุงุนุฉ ุฅู„ุง ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆุงู„ู†ุณุงุฆูŠ] .

Dari Abi Ayyub al-Anshari r. a. (diriwayatkan) โ€ฆ bahwa Rasulullah saw bersabda: Barang siapa sudah melakukan puasa Ramadan, kemudian menambahkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka seolah-olah ia telah melaksanakan puasa sepanjang masa.ย [HR Jamaโ€™ah ahli hadis selain danย  an-Nasaโ€™i].

Pelajaran yang terdapat didalam hadist:

1- Hadits ini menunjukkan bahwa diwajibkannya menyempurnakan puasa Ramadhan yang merupakan puasa wajib kemudian ditambah dengan puasa enam hari di bulan Syawal yang merupakan puasa sunnah untuk mendapatkan pahala puasa setahun.
2- Dalam hadits lain disebutkan (yang artinya) : โ€œPuasa Ramadhan sama dengan sepuluh bulan dan puasa enam hari di bulan Syawal sama dengan dua bulanโ€œ
3- Yang berarti bahwa satu kebaikan mendapat sepuluh kebaikan, maka berdasarkan hadits ini barangsiapa yang tidak menyempurnakan puasa Ramadhan dikarenakan sakit, atau karena perjalanan atau karena haidh, atau karena nifas maka hendaknya ia menyempurnakan puasa Ramadhan itu dengan mendahulukan qadhanya dari pada puasa sunnat, termasuk puasa enam hari Syawal atau puasa sunat lainnya.
4- Jika telah menyempurnakan qadha puasa Ramadhan, baru disyariatkan untuk melaksanakan puasa enam hari Syawal agar bisa mendapatkan pahala atau kebaikan yang dimaksud.
5- Tidak diwajibkan untuk melaksanakan puasa Syawal secara terus menerus akan tetapi hal itu adalah lebih utama berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam (yang artinya) : โ€œAmalan yang paling dicintai Allah adalah yang terus menerus dikerjakan walaupun sedikitโ€œ
6- Tidak disyariโ€™atkan untuk mengqadha puasa Syawal setelah habis bulan Syawal, karena puasa tersebut adalah puasa sunnat, baik puasa itu terlewat dengan atau tanpa udzur.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al qur’an :

– Hadits ini menunjukkan bahwa puasa enam hari itu boleh dilakukan secara berurutan ataupun tidak berurutan, karena ungkapan hadits itu bersifat mutlak, akan tetapi bersegera melaksanakan puasa enam hari itu adalah lebih utama berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Taโ€™ala


ูˆูŽุนูŽุฌูู„ู’ุชู ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุฑูŽุจู‘ู ู„ูุชูŽุฑู’ุถูŽู‰

(yang artinya) : โ€œ..Dan aku bersegera kepada-Mu. Ya Rabbku, agar supaya Engkau ridha (kepadaku)โ€ [Thaha : 84]

ย 

ย 

ย 

ย 

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More ยป

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *