6 October 2024 11:32
Berita DaerahReportase

Keren, Viral di Tiktok Murid SMPN 3 Ciparay Menciptakan Alat Sederhana dari Pembelajaran STEM

HIBAR PGRI– Murid kelas 8 SMPN 3 Ciparay, Kabupaten Bandung, berhasil menciptakan alat-alat sederhana yang inovatif dalam rangka pembelajaran STEM. Awal dari unggahan melalui media tiktok seorang guru Lusy Fajarwati tentang kegiatan belajar melalui metode STEM di akun https://vm.tiktok.com/ZSFLHg9th/ di lihat lebih dari 31.000 penonton dan di repost oleh akun tiktok lain sehingga menjadi viral, (31/1/2024).
 
 
Guru IPA Kelas 8 di SMPN 3 Ciparay, Lusy Fajarwati mengatakan jika di kalangan guru IPA pengerjaan alat ini bukan sesuatu yang luar biasa. Karena guru IPA sudah mengetahui dengan adanya STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) Projects.
“Sebenarnya bagi kami, guru IPA, pembelajaran STEM bukanlah hal yang baru. Namun, pada kesempatan ini, kami memanfaatkan materi pesawat sederhana untuk memberikan tantangan kepada siswa,” ujar Lusy.
 
 
Proses STEM sendiri melalui tahapan merencanakan, mencari referensi, menganalisis alat dan bahan, serta mendesain.
“Ternyata hasilnya di luar ekspektasi. Mereka mampu menciptakan alat-alat sederhana, tapi dengan kualitas yang luar biasa. Mereka juga memanfaatkan bahan-bahan bekas seperti dinamo bekas tamiya, kardus, dan botol bekas,” ungkapnya.
 
Berbagai karya dihasilkan oleh siswa, termasuk vacuum sederhana, sapu elektrik, kipas angin, chopper, dan mixer.
“Awalnya kegiatan STEM diupload oleh istri saya,Lusy Fajarwati. Karena banyak viewer di media tiktok dan di repost banyak akun ahirnya viral sampai berbagai media berita datang ke sekolah” kata Firman Sekretaris PGRI Ciparay.(*)
 
 
Editor Iman

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *