5 October 2024 20:19
Sentuhan Qalbu

Cara Pandang yang Dapat Menjamin Kesucian Hati

MUHASABAH SHUBUH
Senin 22 Januari 2024

Bismillahirahmanirahim
Assalamualaikum wrm wbrkt

CARA PANDANG YANG DAPAT MENJAMIN KESUCIAN HATI

Saudaraku,
Islam mengajarkannkita bagaimana seharusnya seseorang memandang orang lain dalam pergaulan sehari- hari ?

Ciri-ciri orang orang soleh solehah itu, dia tak pernah memandang buruk orang lain selain dirinya sendiri.

Kalau kita masih melihat keburukan pada orang lain, maka paling tidak carilah sekurang-kurangnya satu kebaikannya sampai ketemu, pasti ada….!!!

Akan tetapi jika kita tetap tidak dapat menemukan kebaikannya, maka janganlah terburu-buru mencelanya, sebaliknya CELA- lah diri kita sendiri atas kegagalan kita menemukan sisi kebaikannya.

Sebab ketahuilah..
Seburuk-buruk manusia pasti dia masih menyimpan FITRAH yang suci. Dan tak ada manusia yang jatuh lebih rendah dari fitrahnya.

Berusahalah kita selalu berakhlaq dengan akhlaq Allah yang dalam pandangan rahmatNya berkenan menghapus 1001 keburukan manusia dengan hanya satu kebaikan taubat,

Dan janganlah kau tiru akhlaq iblis, kerana kesombongannya, ia justru menghapus 1001 nilai kebaikan manusia hanya kerana satu kekurangan.

49. Al-Ḥujurāt : 11

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok- olok kaum yang lain (karena ) boleh jadi mereka ( yang diolok-olokkan itu ) lebih baik daripada mereka ( yang mengolok-olok ) dan jangan pula perempuan-perempuan ( mengolok-olok ) perempuan lain (karena) boleh jadi perempuan ( yang diolok-olok itu ) lebih baik daripada perempuan ( yang mengolok-olok ). Janganlah kamu saling mencela dan saling memanggil dengan julukan yang buruk. Seburuk- buruk panggilan adalah (panggilan – fasik699 ) setelah beriman. Siapa yang tidak bertobat, mereka itulah orang-orang zalim.

49. Al-Ḥujurāt : 12

Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak prasangka! Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Janganlah mencari -cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati ? Tentu kamu merasa jijik. Bertakwalah kepada Allah! Sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang.
Semoga kita selalu diberikan ke bahagianya
Tetap semangati silaturahim dan selalu Istiqomah

Aamiin Ya Robal Alamin

wassalamu’alaikum 

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *