6 October 2024 05:40
Sentuhan Qalbu

Allah Maha Pelindung dan Penolong

RENUNGAN FAJAR BARAKAH.
Minggu, 14 Januari 2024

Allah Maha Pelindung dan Maha Penolong.

Bismillahirahmanirahim
Assalamu’alaikum WrWb,

Saudaraku,
Serangkaian zikir yang sering kita lafalkan pada saat kita memohon pertolongan dan perlindungan kepada AllahSWT, dapat kita gunakan dari Sifat2 Kebesaran Allah SWT yang diambil dari 2 ayat yang berasal dari dua surat Al Quran, yg hal ini dapat menimbulkan keyakinan kita terhadap Allah SWT yg selalu akan melindungi dan menolong hamba2-Nya.
*Hasbunallaahu wani’mal wa kill*
“Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah se-baik2 Pelindung.”
(QS Ali Imran [3]:173).
*Ni’mal maulaa wani’man nashir*
“Dia adalah se-baik2 Pelindung dan se-baik2 Penolong.”
(QS Al Anfaal [8]:40).

Dan Allah SWT telah menegaskan kembali mengenai kebesaran Sifat2-Nya yang Maha Penolong dan Maha Pelindung di dalam surat yang lain.
“Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang2 yg beriman, yg mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah).”
(QS Al Maa’idah [5]:55).

Allah mengeluarkan mereka dari kegelapan,
“Allah Pelindung orang2 yg beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya (iman).”
(QS Al Baqarah [2]:257).

Saudara2ku yang di rahmati oleh Allah SWT,
Allah SWT telah mengingatkan kepada hamba-Nya yang sempat telah melakukan kebatilan (kejahatan), agar segera bertobat dan berlindung kepada Allah SWT untuk mendapatkan pertolongan Allah SWT, agar tidak terkana azab. Jangan mohon perlindungan dan pertolongan kepada selain Allah SWT.
“(Pahala dari Allah) itu bukanlah menurut angan2mu yg kosong dan tidak (pula) menurut angan2 ahli kitab. Barangsiapa yg mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi pembalasan dengan kejahatan itu dan dia tidak dapat pelindung dan tidak (pula) penolong baginya selain Allah.”
(QS An Nisaa’ [4]:123).

Dan jangan lupa Allah SWT mengazab dan memberi rahmat sesuai dengan Kehendak-Nya.
“Allah mengazab siapa yg dikehendaki-Nya, dan memberi rahmat kepada siapa yg dikendaki-Nya, dan hanya kepada-Nya-lah kamu akan dikembalikan.” “Dan kamu sama sekali tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) baik dibumi maupun dilangit, dan tidak ada pelindung dan penolong bagimu selain Allah.” “Dan orang2 yg nengingkari ayat2 Allah dan pertemuan dengan-Nya, mereka berputus asa dari rahmat-ku, dan mereka itu akan mendapatkan azab yg pedih.”
(QS Al-‘Ankabuut [29]:21-23).

Akan tetapi jika kita memohon dengan keyakinan yg kuat, Allah SWT akan memberikan pengampunannya dan terhindar dari azab Allah SWT. Katakanlah: “Wahai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
(QS Az Zumar [39]:53).

Semoga Allah SWT selalu dapat melindungi dan memberikan pertolongan kepada kita semua, serta mengampuni dosa2 kita sehingga terhindar dari azab Allah SWT, dan memperlancar menuju Surga ‘Adn nya Allah SWT. Aamiin yaa Rabbal ‘alamiin.

Semoga bermanfaat, dan mohon maaf jika tidak berkenan.

Wassalamu’alaikum 

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *