5 October 2024 22:26
Sentuhan Qalbu

Do’a Untuk Orang yang Berbuat Kebaikan

Doa untuk Orang yang Berbuat Kebaikan

MUHASABAH SHUBUH
Selasa, 24 Oktober 2023

Bismillahirahmanirahim
Asalamu’alaikum wrm wbrkt

Doa untuk Orang yang Berbuat Kebaikan

Saudaraku,
Kebaikan telah menjadi salah satu tindakan mulia dalam kehidupan seluruh umat. Berbuat kebaikan merupakan perintah Allah SWT kepada hamba-Nya.
Allah SWT berfirman dalam surah An Nahl ayat 90,

“Sesungguhnya Allah menyuruh berlaku adil, berbuat kebajikan, dan memberikan bantuan kepada kerabat. Dia (juga) melarang perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pelajaran kepadamu agar kamu selalu ingat.”

Allah SWT juga berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 195,

” Berinfaklah di jalan Allah, janganlah jerumuskan dirimu ke dalam kebinasaan, dan berbuatbaiklah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Ketika seseorang melakukan suatu kebaikan, seorang muslim dapat membaca doa untuk orang yang berbuat kebaikan kepadanya sebagai ungkapan terima kasih.

doa untuk orang yang berbuat kebaikan….

Diperhatikan agar Dosa Diampuni
Doa untuk Orang yang Berbuat Kebaikan :

Doa pertama
Dikutip dari buku 99 Doa dan Zikir Harian untuk Muslimah karya Wulan Mulya Pratiwi, bahwa Rasulullah menganjurkan untuk membaca doa berikut:

Jazaakallahu khairan

“Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan” (HR Tirmidzi)

Jazaakallaahu khairan katsiiran

“Semoga Allah Swt. membalasmu dengan ganjaran yang baik.”

Doa kedua
Dikutip dari buku Sukses Dunia-Akhirat Dengan Doa-Doa Harian karya Mahmud Asy Syafrowi, setiap muslim dianjurkan untuk membaca doa berikut ketika ada orang yang berbuat kebaikan,

Wa fiika baarakallah

“Semoga Allah juga melimpahkan keberkahan kepadamu.”

atau

Wa fiihim baarakallah

“Semoga Allah juga melimpahkan keberkahan kepada mereka.”

Hadits Tentang Membalas Kebaikan
Dalam Islam, berbuat kebaikan kepada orang lain adalah salah satu tindakan penting. Rasulullah SAW adalah suri tauladan dalam berbuat baik kepada sesama. Setiap orang yang menerima kebaikan dari orang lain juga sangat dianjurkan untuk membaca doa untuk orang yang berbuat kebaikan kepadanya.
Hal tersebut terdapat dalam beberapa sabda Rasulullah SAW yang terdapat di dalam beberapa hadits.

Rasulullah SAW bersabda, :
“Barang siapa memberi kebaikan kepada kalian, hendaklah kalian membalasnya. Jika kalian tidak mendapatkan sesuatu untuk membalasnya, maka doakanlah ia hingga kalian melihat diri kalian telah membalasnya.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Hibban, dan Hakim).

Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beriktikaf di masjid ini (Masjid Nabawi) selama sebulan penuh.” (HR Thabrani)

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang diberikan kebaikan lalu dia berkata kepada pelaku kebaikan itu, “Jazakallahu khairan” (semoga Allah memberikan balasan yang terbaik), maka dia telah sempurna dalam memuji.” (HR At-Tirmidzi)

Rasulullah SAW bersabda, :
“Orang-orang Anshar tentu tidak mendapatkan semua pahala, karena sungguh karunia Allah itu sangat luas. Permasalahannya tidak seperti yang kalian duga, jika kalian pandai berterima kasih atas kebaikan mereka maka itu artinya kalian telah membalas kebaikan itu.” (HR Abu Dawud, At Tirmidzi, dan Bukhari)

Semoga kita bisa mendo’akan orang2 yang bebuat baik kepada kita sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah swt

Aamiin ya robb

wassalamu’alaikum 

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *