6 October 2024 17:25
Sentuhan Qalbu

Hidup Ini Tak Semanis yang Diimpikan, Tapi Tak Sepahit yang Dikhawatirkan

Hidup Ini Tak Semanis yg Diimpikan Tapi Tidak Juga Sepahit Yg Dikhawatirkan.

RENUNGAN FAJAR BAROKAH
Jum’at, 15 September 2023
 
Bismillahirahmanirahim
Assalamu’aikum WrWb,
 
Hidup Ini Tak Semanis yg Diimpikan Tapi Tidak Juga Sepahit Yg Dikhawatirkan.
 
Saudaraku,
Tujuan hidup setiap manusia adalah mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Kebahagiaan yang hakiki hanya akan dapat kita peroleh dengan ridha Allah SWT. Oleh karena itu, dalam Islam, kebahagiaan itu hanya diberikan kepada orang² yang bertakwa.
 
Dan kebahagiaan harus dirintis di ikhtiarkan, bagaimana kita bertakwa dan berbuat amal kebajikan agar hati menjadi senang.
“Wahai orang² yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat). Dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”
(QS Al Hasyr [59]:18).
 
Kenyataannya hidup didunia tidaklah semanis seperti yg kita impikan, yg diimpikan tidak selalu menjadi kenyataan. Tidaklah selamanya mulus mencapai kebahagiaan, ada yg mendapat kan ujian Allah SWT menerima musibah, atau mendapatkan kesusahan.
Dan pada dasarnya manusia Allah SWT ciptakan untuk diuji.
“Mahasuci Allah yang menguasai segala kerajaan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun.”
(QS Al-Mulk [67]:1-2).
 
Saudara2ku yg di rahmati oleh Allah SWT, Hidup Ini Tak Semanis yg Diimpikan Tapi Tidak Juga Sepahit Yg Dikhawatirkan.
Apa yg diimpikan tidak selalu menjadi kenyataan, demikian pula apa yg dikhawatirkan.
 
Kita tidak usah khawatir bahwa hidup akan sepahit seperti yg kita takutkan atau bayangkan, Allah SWT akan selalu memberikan kemudahan2 untuk dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
 
“dan Kami akan memudahkan bagimu ke jalan kemudahan (mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat).”
(QS Al A’laa [87]:8).
 
Dan impian kebahagiaan akan Allah SWT wujudkan, tatkala kita banyak berbuat amal kebajikan.
“Orang² yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka mendapat kebahagiaan dan tempat kembali yang baik.”
(QS Ar-Raad [13]:29).
 
Jalani saja hidup ini..Nikmati saja hidup ini..Bertakwalah dan Syukuri saja, karena hidup ini memang begini adanya.
 
“Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak diduga. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.”
(QS Ath-Thalaq [65]:2-3).
 
Sebabagai ciri2 orang2 yg bertakwa salah satunya adalah,
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yg luasnya seluas langit dan bumi yg disediakan utk orang2 yg bertakwa,
(yaitu) orang2 yg menafkahkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang2 yg menahan amarahnya dan orang2 memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang2 yg berbuat kebajikan.
Dan (juga) orang2 yg apabila mengerjakan perbuatan keji atau menajalimi  diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa2nya, dan siapa (lagi) yg dapat mengampuni dosa2 selain Allah?”
(QS Ali Imran [3]:133-135)
 
“Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”
(QS Ibrahim [14]:7)
 
Semoga Allah SWT selalu melindungi dengan melimpahkan rahmat dan hudayah-nya untuk kita semua, serta ridho memberikan kebahagiaan hidup di dunia dan kebahagiaan hidup di akhirat kelak.
Aamiin yaa Rabbal ‘alamiin.
 
Semoga dapat bermanfaat, dan mohon maaf jika tidak berkenan.
 
Wassalamualaikum 

“LIANG COCOPET”

“LIANG COCOPET” OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA “Liang Cocopet” adalah ungkapan umum dalam kehidupan masyarakat. Tatar Sunda, yang intinya menggambarkan tempat

Read More »

Tanda Terimanya Sebuah Amal

MUHASABAH AKHIR PEKANMinggu, 6 Oktober 2024 TANDA DITERIMANYA SUATU AMAL BismillahirrahmanirrahiimAssalamu’alaikum wr wbrkt… Saudaraku,Perlulah kita ketahui bahwa tanda diterimanya suatu amalan adalah apabila

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *