7 October 2024 09:17
Opini dan Kolom Menulis

E T I K A

"ETIKA"

Oleh : Tana Saepudin

Etika dan sopan santun banyak dicari untuk menjadi pengingat bagi sendiri maupun orang lain. Sikap ini sangat penting diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari oleh siapapun.

Sikap sopan tidak hanya harus diterapkan oleh orang muda, melainkan juga orang dewasa. Dengan memahami tentang etika, maka seseorang dapat lebih melakukan introspeksi diri dan berbuat lebih baik lagi kepada orang lain.

Mengutip buku Etika Profesi oleh Hadi Zakaria (2022), etika merupakan salah satu cabang ilmu filsafat yang berkaitan dengan perilaku benar atau salah pada diri manusia.

Etika menjadi suatu prinsip yang harus dipegang teguh oleh siapapun dan berprofesi apapun baik itu pendidik, wiraswastawan, bisnismen,manager apapun itu profesinya .

Orang yang tidak memiliki etika adalah orang yang tidak bisa menghargai orang lain, sehingga tidak heran jika ia tidak disukai di manapun ia berada.


Etika bukan hanya soal cara berperilaku, melainkan juga cara berbicara yang harus penuh dengan rasa hormat kepada sesama manusia. Dengan menerapkan etika, maka akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang berpendidikan.

Dilihat dari kaca mata psikologi,Setiap orang memiliki tabiat masing-masing. Jika orang di dekat kita belum menerapkan sikap sopan santun, maka jangan buru-buru membencinya karena pasti ada satu hal dalam dirinya yang berisi kebaikan.

Bersikap sopan akan membuat orang di sekitar Anda merasa dihargai dan aman. Orang yang tidak sopan cenderung dianggap sebagai ancaman dan dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya.

Melihat etika orang lain sangatlah mudah, yakni hanya dengan mengamati caranya makan di meja makan, dan cara berbicara. Hal Ini akan menunjukkan seberapa besar integritas seseorang dalam menghargai orang lain.

Sudah menjadi adat timur bahwa sopan santun dalam bersikap, berbicara harus selalu dijunjung di manapun berada. Orang yang suka seenak hati melakukan sesuatu tanpa memikirkan orang lain cenderung dijauhi dan diasingkan dari pergaulan.

Berbicara dengan orang yang sopan jauh lebih menyenangkan dan merasa aman dibandingkan dengan orang yang suka seenaknya sendiri dalam menentukan ucapan. Jangan sampai menjadi orang yang demikian karena bisa menimbulkan sakit hati terhadap lawan bicara.

Etika sangat penting diterapkan di tempat kerja untuk saling menghargai dengan rekan sejawat. Orang yang menjunjung tinggi etika di manapun ia berada akan selalu memperoleh lawan bicara yang baik dan respect.

Menerapkan etika tidak hanya untuk orang muda kepada orang tua. Hal ini juga berlaku untuk orang tua kepada orang muda. Jika sama-sama saling peduli, tentu hal ini akan menimbulkan keharmonisan yang indah. Etika adalah bagian dari etos kerja yang harus diterapkan dalam berbagai intitusi. Jangan sampai Anda dikucilkan hanya karena tidak mampu bersikap baik dengan rekan kerja.

Dunia ini terlalu kecil untuk orang yang tidak bisa menjaga kualitas pembicaraan dan perilakunya. Orang yang demikian cenderung akan memperoleh balasan yang buruk juga dari orang lain.

Kata-kata tentang etika dan sopan santun yang penulis paparkan di atas mari kita renungkan bersama dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk berhubungan baik dengan manusia lain.

4 September 2023

Untuk Anak-anakku

BERBAGI NASIHAT SHUBUHSenin, 7 Oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssallamu’alaikum wrm wbrkt Saudaraku…Ada baiknya tulisan ini dikirim kepada anak2 kita (In-syaa-ALLAH baik untuk

Read More »

“LIANG COCOPET”

“LIANG COCOPET” OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA “Liang Cocopet” adalah ungkapan umum dalam kehidupan masyarakat. Tatar Sunda, yang intinya menggambarkan tempat

Read More »

Tanda Terimanya Sebuah Amal

MUHASABAH AKHIR PEKANMinggu, 6 Oktober 2024 TANDA DITERIMANYA SUATU AMAL BismillahirrahmanirrahiimAssalamu’alaikum wr wbrkt… Saudaraku,Perlulah kita ketahui bahwa tanda diterimanya suatu amalan adalah apabila

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *