5 October 2024 20:24
Sentuhan Qalbu

TENTANG PUASA BULAN MUHARRAM

TENTANG PUASA BULAN MUHARRAM


THOLABUL ILMI SHUBUH
Kamis, 27 Juli 2023
9 Muharam 1445 H

Bismillahirahmanirahim
Assalamu’alaikum wr wbrkt

TENTANG PUASA BULAN MUHARRAM

Saudaraku,
Bulan Muharram secara umum adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 1 Muharram, bulan pertama dalam kalender Hijriyah. 
Menjalankan puasa pada awal bulan ini merupakan amalan yang dianjurkan.
Bulan Muharram dianggap sebagai bulan yang suci dan berkah, dan umat Islam dianjurkan untuk mengisi bulan ini dengan amalan-amalan baik, doa, dan ibadah kepada Allah SWT.
Beberapa peristiwa bersejarah juga terjadi pada bulan Muharram, termasuk peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Selain itu, pada tanggal 10 Muharram, terdapat peristiwa penting bagi umat Islam, yaitu peristiwa pembebasan Bani Israel dari kekuasaan Fir’aun dan keluarganya.

Rasulullah saw bersabda :

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadan adalah puasa pada bulan Allah- Muharram. Sementara salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam,” (HR Muslim)

Kendati demikian puasa di bulan Muharram di jelaskan oleh beberapa madzhab berdasarkan sejarah dan ketentuan ketentuannya sbb :

1. Puasa 1 Muharam atau Puasa di Bulan Muharam Secara Umum
Puasa 1 Muharam adalah ibadah sunnah yang dilakukan pada awal bulan Muharram dalam kalender Hijriyah.
Bulan Muharram merupakan bulan yang dihormati dan memiliki keutamaan khusus bagi umat Islam.
Meskipun puasa pada tanggal 1 Muharram tidak memiliki keutamaan khusus seperti puasa Tasu’a dan Asyura, namun melaksanakan puasa di bulan ini tetap dianjurkan sebagai bentuk penghormatan terhadap bulan suci dan sebagai langkah awal memperbaiki amal ibadah di tahun yang baru.

2. Puasa Tasu’a pada 9 Muharram
Puasa Tasu’a adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram dalam kalender Hijriyah. Puasa ini memiliki beberapa keutamaan, salah satunya adalah sebagai penghapus dosa-dosa setahun sebelumnya bagi yang menjalankannya dengan ikhlas.
Selain itu, puasa ini juga merupakan bentuk perbedaan dengan tradisi orang Yahudi yang hanya berpuasa pada tanggal 10 Muharram (hari Asyura).
Puasa Tasu’a dan Asyura juga dilakukan sebagai peringatan kemenangan Nabi Musa AS dan Bani Israel dalam melewati Laut Merah dan keluar dari penindasan Fir’aun.

3. Puasa Asyura 10 Muharram
Puasa Asyura adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam dan dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram. Puasa ini memiliki beberapa keutamaan, di antaranya sebagai sarana penghapus dosa setahun yang lalu.
Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk berpuasa pada hari Asyura sebagai bentuk perbedaan dengan kebiasaan orang Yahudi. Puasa Asyura dilaksanakan dengan menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga matahari terbenam pada tanggal 10 Muharram, sebagai bentuk ibadah dan mengenang peristiwa-peristiwa bersejarah dalam sejarah Islam.

4. Puasa 11 Muharram
Puasa 11 Muharram adalah ibadah sunnah yang dilakukan pada tanggal 11 Muharram dalam kalender Hijriyah. Puasa ini dianjurkan sebagai bagian dari ibadah tambahan di bulan Muharram serta sebagai bentuk peningkatan amal ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

Adapun Jadwal Lengkap Puasa 9, 10, dan 11 Muharram 2023

Berikut adalah detail jadwal lengkap puasa 9, 10, dan 11 Muharram berdasarkan referensi tanggal 1 Muharram 1445 H yang jatuh pada 19 Juli 2023:
* Puasa 9 Muharram (Tasu’a): Kamis, 27 Juli 2023
* Puasa 10 Muharram (Asyura): Jumat, 28 Juli 2023
* Puasa 11 Muharram: Sabtu, 29 Juli 2023
* Puasa 13 Muharram: Senin, 31 Juli 2023
* Puasa 14 Muharram: Selasa, 1 Agustus 2023
* Puasa 15 Muharram: Rabu, 2 Agustus 2023
*
Semoga informasi ini bisa membantu kita untuk merencanakan ibadah puasa dengan baik. Selalu periksa kembali jadwal ini sesuai dengan otoritas keagamaan resmi di wilayah dimana kita berada, karena tanggal puasa dapat bervariasi berdasarkan perhitungan kalender Hijriyah.

Dan semoga kita bisa melaksanakan ibadah puasa bulan Muharram ini sesuai kemampuan dan kesispan kita atas ridho Allah swt
Aamiin, Aamiin, ya robb

wass

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *