6 October 2024 05:44
Berita DaerahReportase

MPLS SDN Dangdang 01 Kertasari. Mengenalkan Siswa Baru dengan Lingkungan, Budaya, Program, dan Tata tertib Sekolah

MPLS SDN Dangdang 01 Kertasari. Mengenalkan Siswa Baru dengan Lingkungan, Budaya, Program, dan Tata tertib Sekolah

HIBAR PGRI– Dimulai dari tanggal 17 Juli 2023 SDN Dangdang 01 Desa Sukapura Kec. Kertasari dengan Kep. Sekolah Tana Saepudin.Sesuai dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016, kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah wajib melibatkan beberapa pihak, yaitu:
Kepala sekolah dan guru serta dihadiri juga Orang tua/wali siswa baru, dalam memberikan pengenalan visi-misi, program, kegiatan, cara belajar, dan tata tertib sekolah.
 
MPLS Tahun Ajaran 2023-2024 diikuti oleh siswa baru kelas 1. Siswa Baru yang masuk SDN Dangdang 01 pada Tahun ini jumlahnya berkurang hal ini disebabkan oleh  keberhasilan program Keluarga berencana dan faktor faktor lainnya.
Namun Kegiatan MPLS tetap dilakukan tanpa Kehilangan makna dan tujuannya. Dipaparkan tujuan tersebut sebagai berikut.
“Sesuai dengan Tujuan lnga sebagai berikut:
1. MPLS adalah singkatan dari “Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah”, yaitu kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan siswa baru dengan lingkungan, budaya, program, dan tata tertib sekolah.
2.  MPLS memiliki beberapa manfaat bagi siswa baru, antara lain:
3.  Membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, sehingga dapat mengurangi rasa canggung, takut, atau bingung.
4. Membantu siswa mengenal guru, staf, dan teman-teman sekelasnya, sehingga dapat membangun hubungan yang baik dan harmonis.
5. Membantu siswa menumbuhkan perilaku positif, seperti kejujuran, kemandirian, disiplin, dan tanggung 6. jawab, sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar yang efektif.
Membantu siswa mengenal program peminatan dan ekstrakurikuler yang ditawarkan oleh sekolah, sehingga dapat memilih sesuai dengan minat dan bakatnya.
7.  Membantu siswa mengenal potensi diri dan cita-cita yang ingin dicapai sehingga  dapat termotivasi untuk belajar dan berprestasi.” ungkap Tana Saepudin Kepala Sekolah
Kepala Sekolah Tana Saepudin, S.Pd mengungkapkan bahwa SDN Dangdang 01 akan berusaha mengimplementasikan Visi, Misi dan tujuan Sekolah demi meningkatkan kompetensi inti siswa dalam , membentuk sikap, pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
“(1)Meningkatkan literasi siswa, yaitu kemampuan membaca, menulis, berhitung, berpikir kritis, dan berkomunikasi secara efektif.(2) Meningkatkan kebiasaan hidup sehat siswa, yaitu perilaku yang mencerminkan kesadaran akan kesehatan diri, lingkungan, dan masyarakat. (3)Memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minat dan bakat mereka tanpa adanya peminatan atau jurusan. (3)Memberikan kebebasan kepada guru untuk menentukan metode, media, dan sumber belajar yang sesuai dengan kondisi dan perkembangan siswa. (4)Memberikan kebebasan kepada sekolah untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan potensi sekolah.” tutur Tana.
 
Dengan demikian, Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar diharapkan bisa menciptakan pembelajaran yang lebih sederhana tapi mendalam, lebih merdeka, dan lebih relevan dan interaktif.(*)
 
Editor: Iman

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *