6 October 2024 09:38
Berita Daerah

Mendapatkan Bantuan Rutilahu, Komanah Ucapkan Terimakasih Meskipun Masih Ada Kekurangan Segi Material Bangunan

Mendapatkan Bantuan Rutilahu, Komanah Ucapkan Terimakasih Meskipun Masih Ada Kekurangan Segi Material Bangunan

HIBAR PGRI– Kegiatan renovasi Rutilahu (Rumah tidak layak huni) di Kampung Pancuran luhur RT 02 RW 20 Desa Alamendah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Rabu (12/7/2023)
 
Rumah yang dibedah adalah milik Pak Asep dan Ibu Komanah, mereka mendiami rumah tersebut sudah lima belas tahun lebih, Namun karena himpitan ekonomi keluarga mereka belum bisa merenovasi rumahnya sendiri.
“Saya disini sudah tinggal disini 15 tahun dan hari ini Alhamdulillah mendapatkan bantuan dana Rutilahu” tutur Komanah.
 
 
 
Alhamdulillah gayung bersambut dengan adanya program pemerintah yaitu Rutilahu.Diantara rumah-rumah warga lain yang sama-sama membutuhkan renovasi akhirnya rumah mereka terpilih oleh pihak Desa Alamendah dan pemerintahan setempat.
 
 
Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada seluruh pemerintahan mulai dari RT, RW, Desa Alamendah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung.
“Saya ucapkan terimakasih telah mendapatkan bantuan, meskupun ada kekurangan dari segi dana yang dirasakan masih kurang” jelas Komanah.
 
Pemugaran dilaksanakan oleh pemerintah setempat dibantu secara bergotong royong dan kebersamaan masyarakat sekitar. 
“Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Namun untuk bahan bangunan dan material lainnya masih banyak kekurangan-kekurangan” kata Komanah
 
 
Bupati Bandung Dr. H.M. Dadang Supriatna mentargetkan penanganan rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kabupaten Bandung pada setiap tahunnya mencapai 7000 rumah. Untuk mencapai target tersebut, Bupati Bandung menyebutkan, di antaranya berasal dari program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) yang digulirkan pemerintah pusat, Gubernur Jabar dan Kabupaten Bandung.
“Diakumulasikan setiap tahunnya mencapai 7.000 unit rumah yang menjadi sasaran dalam penanganan rumah tidak layak huni tersebut,” kata Dadang Supriatna di Rumah Dinas Jabatan Bupati Bandung, Soreang, Kamis (1/6/23).
 
 
Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal terus bekerja untuk sukseskan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Pada tahun 2021, Kementerian PUPR melalui dirinya sudah memberikan bantuan program BSPS sebanyak 1.500 unit, pada 2022 sebanyak 2.100 unit, dan pada 2023 direncanakan sebanyak 3.100 unit. Program BSPS ini merupakan program administered prices pemerintah berupa bantuan subsidi perumahan untuk perbaikan rutilahu. “Saya Bersama Partai Kebangkitan Bangsa terus berkomitmen membangun Bangsa dan menurunkan angka kemiskinan Ekstrim melalui aspirasi yang saya bawa salah satunya adalah BSPS ini.Semoga Rumah yg sudah layak dihuni ini menjadi manfaat Bagi Penghuninya” kata Cucun, Selasa (20/6/2023)
 
Setiap warga yang sedang merehab rutilahunya, diberi bantuan stimulan senilai Rp20 juta. Terdapat ribuan KK yang mendapat bantuan tersebut penyalurannya tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bandung.(*)
 
Reporter: Tatang
Editor : Iman
 

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *