6 October 2024 11:32
Berita DaerahReportase

Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan Satker Disdik Cikancung. Kadisdik Ruli Hadiana: Belajar Adalah Bermain, Bermain Adalah Belajar

Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan Satker Disdik Cikancung. Kadisdik Ruli Hadiana: Belajar Adalah Bermain, Bermain Adalah Belajar

HIBAR PGRI– Giat sosialisasi transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan dilaksanakan di Satuan Kerja (Satker) Disdik Cikancung, Jum’at (16/6).
Program ini merupakan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Merdeka Belajar Episode ke-24 yang bertujuan untuk membantu memudahkan anak-anak dalam memasuki tingkat pendidikan dasar dan mengatasi kesalahpahaman tentang calistung.
 
Dalam kegiatan tersebut menghadirkan pemateri  Siti Julaiha, S. Pd Ketua IGTKI,  Qu qum Rumiatum,    S. Pd, Guru Penggerak Kab. Bandung, Tiara Sifa Fauziah, S. Pd Guru Penggerak Angkatan ke 5 serta dihadiri oleh Kadisdik Kabupaten Bandung H. Ruli Hadiana, Camat Cikancung Kasi Sosbud), Ketua PGRI cabang Cikancung, para Pengawas dan Penilik, para Kepala Sekolah dari PAUD, TK dan SD se kecamatan Cikancung.
 
Program tersebut menitikberatkan tentang pertama, adalah menghilangkan tes calistung dari rangkaian proses penerimaan peserta didik baru di SD. Pasalnya, setiap anak dipandang memiliki hak yang sama memperoleh layanan pendidikan dasar. 
 
Kedua, memandang perlu bagi satuan pendidikan untuk menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru dan orang tua untuk mengenal lingkungan belajar. Penerapan masa perkenalan disebut dapat berlangsung selama satu hingga dua pekan pertama mereka di satuan pendidikan.
 
Ketiga, dalam program itu, satuan pendidikan dipandang perlu menerapkan pembelajaran atau memfasilitasi yang membangun enam kemampuan fondasi anak. Kemampuan itu antara lain mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, serta kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bandung menyampaikan tentang transisi pembelajaran PAUD ke SD yang harus menyenangkan.
“Belajar itu adalah bermain, bermain iti adalah belajar. Sehingga diharapkan saat melakukan pembelajaran jangan salah kaprah” ucapnya.***(imn)

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *