6 October 2024 04:57
Berita Nasional

Banggar DPR Dr.H. Cucun Soroti Efektivitas Dana TKD

Banggar DPR Dr.H. Cucun Soroti Efektivitas Dana TKD

HIBAR PGRI– Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dr.H Cucun Syamsulrijal Komisi III dari F-PKB  menyoroti efektivitas dan dampak penggunaan Dana Transfer ke Daerah (TKD), Rabu (14/6).
 
“Tidak bisa dipungkiri bahwa alokasi anggaran TKD telah banyak membawa dampak positif bagi pembangunan daerah. Namun dibalik itu, fakta lain menunjukkan bahwa pengelolaan Keuangan Daerah masih belum dilakukan secara efektif, dan efisien. Oleh karena itu, saya berharap pembahasan kebijakan TKD Tahun ini dapat menyelesaikan banyak persoalan dan mampu menjawab tantangan pembangunan yang akan kita hadapi pada tahun 2024 mendatang” ungkap Cucun dikutip akun Instagram cucun center.
 
Dana TKD merupakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan merupakan bagian dari belanja negara yang dialokasikan dan disalurkan kepada daerah untuk dikelola oleh daerah dalam rangka mendanai penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.
 
Pemerintah mengalokasikan pagu transfer ke daerah (TKD) 2024 antara Rp 815 triliun hingga Rp 845 triliun. TKD Tahun Anggaran 2024 ini lebih tinggi dari alokasi TKD 2023 yang di angka Rp 814,7 triliun. Dana transfer ke daerah ini merupakan bagian dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan dan disalurkan ke daerah untuk dikelola oleh pemerintah daerah.
 
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, alokasi itu diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas belanja di daerah. “Harmonisasi kebijakan pusat dan daerah tentu pada akhirnya akan berujung pada APBD yang berkualitas,” ujarnya.***(imn)

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *