6 October 2024 00:47
Berita DaerahReportase

Kadisdik Laksanakan Monitoring PSAJ di SDN Soreang 01. Ruli Hadiana: Diharapkan Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Kabupaten Bandung

Kadisdik Laksanakan Monitoring PSAJ di SDN Soreang 01. Ruli Hadiana: Diharapkan Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Kabupaten Bandung

HIBAR PGRI– Penilaian Sumatif Ahir Jenjang (PSAJ) sebagai tolak ukur kemampuan kognitif siswa dilaksanakan serentak di Kabupaten Bandung jenjang SD dan SMP. Monitoring dilaksanakan oleh Kadisdik Kabupaten Bandung Drs.H.Ruli Hadiana,S.Ip,M.IPol di beberapa sekolah pada Rabu (10/5/2023). Diantara sekolah yang dikunjungi dalam monitoring tersebut adalah SDN Soreang 01 dan SDN Sadu 01 Kecamatan Soreang.
Kebijakan Kemristekdikbud bahwa UN (Ujian Nasional) telah dihapuskan sehingga penilaian diserahkan secara mandiri pada sekolah masing masing hal tersebut telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Mendikbud No 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan UN dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian Sekolah (US). Dengan dihapuskannya UN, maka UN juga tidak menjadi syarat kelulusan seleksi masuk ke jenjang berikutnya.
 
“Penilaian PSAJ itu adalah penilaian yang berbeda dari UN (Ujian Nasional) karena sudah dihapuskan. Saya juga melihat soal soal tes, Alhamdulillah soal soal tersebut berkaitan dengan Merdeka Belajar. Soal soal juga disesuaikan dengan kondisi sekolahnya, meskipun dibebaskan dalam penilaian akan tetapi ada kisi kisi juga dengan memberdayakan KKG (Kelompok Kerja Guru). Setelah dari SDN Soreang 01 saya coba cek juga ke SDN Sadu 01, ternyata betul apa yang disampaikan ibu Kepsek SDN Soreang 01(Hildawati) itu sesuai.
Dari pelaksanaan saya lihat lancar dari sisi kelasnya, suasana kelasnya menyenangkan. Dalam hal belajar ,berpikir pada siswa  akan menciptakan hal lebih bagus lagi. Selain itu dari sisi keamanan juga baik, harapannya dengan pelaksanaan PSAJ adanya peningkatan kualitas pendidikan sesuai dengan misi pak Bupati Bandung Bangkit Edukatif Dinamis dan Agamis (Bedas). Terimakasih pada Kepala SDN Soreang 01 telah melaksanakan PSAJ, ini bisa memberikan kontribusi positif dalam rangka meningkatkan kualitas pelajar di Kabupaten Bandung”, terang Ruli Hadiana.
Sementara terkait PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) SMP tentang teknis pelaksanaan belum ada perubahan dari tahun 2022.
“Sampai saat ini belum ada perubahan masih berjalan sesuai aturan tahun 2022. Kami sedang bergerak untuk menyusun tahap pelaksanaan dan akan lebih berkualitas lagi dari tahun sebelumnya. Permasalahan apa yang terjadi di satuan sekolah akan kita dengar menjadi perbaikan 2023. Tetap tujuannya peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Bandung.” pungkas Kadisdik Kabupaten Bandung.
 
Hildawati, S.Pd,MAP sebagai kepala SDN Soreang 01 menjelaskan yang mengikuti PSAJ tahun 2023 sejumlah 163 sisiwa.
“Alhamdulillah PSAJ diikuti oleh 163 siswa terbagi menjadi 10 ruangan karena per ruang itu 16 siswa untuk kelas besar dan 10 siswa untuk kelas kecil. Soal soal PSAJ di susun oleh KKG disesuaikan dengan kebutuhan sekolahnya masing masing. Saat Kadisdik melaksanakan monitoring menberikan evaluasi tentang pelaksanaan PSAJ di SDN Soreang 01. Pelaksanaan tertib ,kelas disusun rapi dan teknisnya seperti Ujian Nasional (UN). Pelaksanaan PSAJ pesan Kadisdik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bandung.” pungkas Hildawati.***(imn)
 
 

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *