6 October 2024 09:28
Berita Daerah

Tangani Stunting, Pemkab Bandung Distribusikan Bantuan Telur

Tangani Stunting, Pemkab Bandung Distribusikan Bantuan Telur

HIBAR PGRI – Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan gencar melakukan upaya penanganan sekaligus pencegahan stunting dengan sasaran anak yang diindikasikan berisiko stunting. Hal tersebut dilakukan imelalui uoaya pemberian protein berupa telur dan ayam. Sasaran keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima hari ini (Kamis, 4/5/23) adalah di Kecamatan Pameungpeuk dan Pangalengan Kabupaten Bandung.

Pemberian makanan tambahan ini dilakukan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Dadang Supriatna didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Bandung Ina Dewi Kania.

Pemberian makanan tambahan untuk penanganan stunting kali ini bersumber dari CSR Malindo Feedmill dan bantuan dari Badan Pangan Nasional.

“Kita mendapat bantuan CSR dari perusahaan Malindo Feedmill, untuk penanganan stunting di Kabupaten Bandung berupa 28.000 butir telur ayam,” kata Ina Dewi di Soreang, Kamis sore.
Berdasarkan hasil pendataan, kata Ina Dewi, di Kabupaten Bandung masih ada beberapa kecamatan dengan angka stunting yang masih cukup tinggi.
“Salah satunya di Kecamatan Pameungpeuk dan Pangalengan,” jelasnya.

Untuk lebih fokus lagi dalam penahanan stunting di Kabupaten Bandung, dijelaskan Ina Dewi, bantuan CSR berupa telur ayam itu didistribusikan ke Kecamatan Pameungpeuk sebanyak 827 kepala keluarga (KK) yang tersebar di tiga desa dan di Kecamatan Pangalengan sebanyak 106 KK di satu desa.
“Penyerahannya langsung oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Dadang Supriatna,” ujarnya.

Tak hanya itu, Ina Dewi pun turut mendistribusikan bantuan pangan cadangan pemerintah pusat dengan sasaran keluarga penerima manfaat yang berisiko stunting.
“Bantuan itu dari Badan Pangan Nasional (Bapanas). Untuk Kecamatan Pameungpeuk, sebanyak 128 KPM yang menjadi sasaran pendistribusian bantuan dan untuk Pangalengan 3.644 KPM. Paket kebutuhan pangannya berupa telur dan ayam, selama tiga bulan berturut-turut dan akan didistribusikan mulai Minggu depan,” katanya.

Bantuan pangan dari pusat melalui penyaluran paket pangan berupa beras yang berasal dari Badan Pangan Nasional yang juga masih dalam program cadangan pangan pemerintah pusat, katanya, masih terus dilakukan, selama 3 bulan (April -Juni) sebanyak 221.920 KPM di Kabupaten Bandung menerima bantuan beras sebanyak 10 kg per KPM per bulannya.
“Tapi untuk bantuan berupa telur dan ayam adalah untuk KPM beresiko stunting. Ini juga akan disalurkan selama tiga bulan, mulai Mei bulan ini, Juni dan Juli 2023,” katanya.

Ina Dewi berharap dengan adanya dukungan dari CSR, pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, angka prevalensi stunting di Kabupaten Bandung bisa segera turun.

Ina Dewi menyebutkan, sebanyak 30.471 keluarga berisiko stunting se-Kabupaten Bandung yang menerima tambahan pangan protein ayam dan telur dari cadangan pangan pemerintah pusat. “Penyalurannya dilaksanakan oleh PT. Pos Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya, dukungan Pemkab Bandung untuk penurunan angka stunting dilakukan secara bersama-sama, kolaborasi salah satunya melalui Dinas Pangan dan Perikanan untuk penurunan angka stunting dilakukan melalui program gemar ikan, safari ikan, edukasi kepada masyarakat, keamanan pangan goes to school,m serta kerjasama dengan Bumdes untuk penyediaan ikan segar.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Bandung mengucapkan terima kasih kepada Malindo Feedmill atas supportnya, juga pemerintah pusat dan provinsi. Dengan harapan Kabupaten Bandung dapat menurunkan angka stunting bahkan sampai zero. “Hal ini sebagai tekad kita semua untuk generasi Kabupaten Bandung yang Bedas,” pungkasnya.***(imn)

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *