7 October 2024 10:31
Berita NasionalReportase

BMT UMY Lunasi Hutang Riba 28 Guru di DIY

BMT UMY Lunasi Hutang Riba 28 Guru di DIY

HIBAR PGRI- BMT UMY memiliki program Pembebasan Hutang Riba (PHR) yang tahun 2023 ini diperuntukkan bagi guru se-DIY. Penyerahan kartu lunas PHR dilaksanakan, Sabtu (15/04/2023) di kantor pusat BMT UMY, Jalan Ibu Ruswo Yogyakarta.
 
Ketua Pengurus KSPPS BMT UMY Prof Rizal Yaya SE MSc PhD CA Akt menuturkan, program PHR telah digulirkan sejak 2017, yang sebelumnya fokus membantu pelaku UMKM yang terjerat hutang riba, termasuk pinjaman online (pinjol). “Kali ini untuk guru, dan ternyata banyak juga guru yang terjerat hutang riba,” kata Rizal di sela acara penyerahan.
Menurut Rizal, tahun ini ada sebanyak 94 permohonan pelunasan hutang riba dari guru-guru se-DIY yang masuk ke BMT UMY. Kemudian dilakukan asesmen apakah betul pemohon memiliki komitmen untuk lepas dan hijrah dari hutang riba. “Dari asesmen didapat 28 orang yang memenuhi syarat untuk dibantu dilunasi hutang ribanya,” katanya.
 
Lebih lanjut dikatakan Rizal, total dana yang dialokasikan oleh BMT UMY untuk program ini sebanyak Rp 250 juta. Dana itu terdiri dari dua yaitu Rp 100 juta yang dialokasikan sebagai hibah dan Rp 150 juta sebagai dana core.
 
Sebagian ada yang kita berikan dalam bentuk dana hibah, sebagian lagi berbentuk dana core. Dana core ini artinya kita beri bapak ibu pinjaman, yang dikembalikan sama persis jumlahnya dengan pinjaman (tidak ada bunga). Kita tidak beri dalam bentuk dana hibah semua, supaya untuk mengedukasi,” katanya.
Menurut Rizal, guru adalah profesi yang mulia dan dihormati di lingkungannya. Guru akan semakin terhormat jika jauh dari riba. “Melalui program ini guru diharapkan bisa mengajarkan ke masyarakat tentang haramnya riba dan bahaya riba. Ekonomi syariah menjadi solusinya,” katanya.
 
Ardan Fahrudin, salah satu guru penerima kartu lunas PHR mengucapkan terima kasih atas bantuan dari BMT UMY yang melunasi hutangnya, sehingga terbebas dari jerat pinjol. Begitu pula dengan Yuli Astuti yang merasakan usahanya semakin berkah tanpa riba. “Program BMT UMY ini bisa menjadi contoh BMT lain,” katanya. (Dev)
Penyerahan kartu lunas program PHR kepada guru.*** 
Sumber:  Krjogja

Untuk Anak-anakku

BERBAGI NASIHAT SHUBUHSenin, 7 Oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssallamu’alaikum wrm wbrkt Saudaraku…Ada baiknya tulisan ini dikirim kepada anak2 kita (In-syaa-ALLAH baik untuk

Read More »

“LIANG COCOPET”

“LIANG COCOPET” OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA “Liang Cocopet” adalah ungkapan umum dalam kehidupan masyarakat. Tatar Sunda, yang intinya menggambarkan tempat

Read More »

Tanda Terimanya Sebuah Amal

MUHASABAH AKHIR PEKANMinggu, 6 Oktober 2024 TANDA DITERIMANYA SUATU AMAL BismillahirrahmanirrahiimAssalamu’alaikum wr wbrkt… Saudaraku,Perlulah kita ketahui bahwa tanda diterimanya suatu amalan adalah apabila

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *