6 October 2024 09:30
Berita Nasional

Keaktifan Guru dalam Komunitas Belajar Masih Jadi PR

Keaktifan Guru dalam Komunitas Belajar Masih Jadi PR

HIBAR PGRI- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berharap guru membentuk komunitas belajar. Komunitas tak sekadar dibentuk tapi juga diharapkan ada keaktifan guru.
 
Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Praptono, menyebut saat ini keaktifan guru dalam komunitas belajar belum maksimal. Pihaknya terus berupaya mengintervensi guru agar lebih aktif dalam komunitas belajar.
 
“PR-nya adalah bagaimana kita bisa menumbuhkan semangat dan komitmen guru kita untuk aktif ikut komunitas belajar,” kata Praptono dalam webinar Perencanaan Pembelajaran Melalui Komunitas Belajar di Sekolah secara daring, Kamis, 13 April 2023.
Praptono menyebut PR dikatakan selesai bila guru telah memiliki kesadaran aktif dalam komunitas. Guru secara taktis dan tanpa diminta berkolaborasi.
 
“Jadi, dia (guru) tanpa didorong, sekalipun dia merasa rindu untuk mencari solusi bersama dari kendala pembelajaran,” tutur dia.
 
Komunitas belajar, kata dia, juga dapat menjadi tempat bagi guru untuk bertukar praktik baik pembelajaran. Hal itu berkaitan dengan implementasi Kurikulum Merdeka.
 
“Guru didorong berkolaborasi menghadirkan pembelajaran terbaik untuk siswa. Karena juga yang menjadi jantung dari implementasi Kurikulum Merdeka itu adalah komunitas belajar,” tutur dia.***
 
Sunber: medcom

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *