6 October 2024 15:23
Sentuhan Qalbu

Arah Kiblat 295 Derajat, Bisa Cek di HP

Arah Kiblat 295 Derajat, Bisa Cek di HP

 
HIBAR PGRI – Mencari arah kiblat kini bisa dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan internet. Setidaknya ada tiga cara menemukan arah kiblat untuk sholat secara online, yakni menggunakan kompas, Google Maps, dan aplikasi penunjuk kiblat.
Hal ini akan sangat membantu, khususnya jika Anda sedang safar (bepergian) atau tengah berada di tempat baru dan hendak menunaikan ibadah sholat.
Kiblat adalah arah menuju Ka’bah di Masjidil Haram, Makkah, yang digunakan umat Islam untuk melaksanakan ibadah sholat.
Arah Ka’bah di Makkah dapat diketahui salah satunya dengan menggunakan alat bantu penunjuk arah. Pentingnya memastikan arah kiblat ini sangat berpengaruh terhadap kekhusyukan dalam beribadah.
Temukan Arah Kiblat dengan Aplikasi Kompas Di HP
Hampir semua smartphone saat ini telah dibekali dengan aplikasi Kompas bawaan. Meski fitur maupun tampilannya sangat sederhana, namun aplikasi Kompas di hp berguna untuk mengetahui arah kiblat.
Menentukan arah kiblat bukan hanya asal di sebelah barat. Di Indonesia, posisi kiblat untuk menghadap Kakbah di Makkah sekitar 295,15 derajat.
Maka, cara menemukan arah kiblat dengan bantuan kompas di hp, sebagai berikut.
1. Pastikan sensor kompas dan fitur lokasinya telah aktif
2. Buka aplikasi Kompas atau Compass pada hp
3. Kalibrasikan kompas terlebih dahulu jika diminta
4. Arahkan hp ke arah mana pun untuk mengetahui letak mata angin
5. Atur posisi hingga jarum berhenti bergerak dan menunjuk ke arah 295,1 derajat.***

“LIANG COCOPET”

“LIANG COCOPET” OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA “Liang Cocopet” adalah ungkapan umum dalam kehidupan masyarakat. Tatar Sunda, yang intinya menggambarkan tempat

Read More »

Tanda Terimanya Sebuah Amal

MUHASABAH AKHIR PEKANMinggu, 6 Oktober 2024 TANDA DITERIMANYA SUATU AMAL BismillahirrahmanirrahiimAssalamu’alaikum wr wbrkt… Saudaraku,Perlulah kita ketahui bahwa tanda diterimanya suatu amalan adalah apabila

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *