5 October 2024 20:23
Opini dan Kolom Menulis

Tips berolahraga bagi yang sibuk bekerja Oleh : Andry Hendrawan, S.Pd.,M.Pd

Tips berolahraga bagi yang sibuk bekerja



Oleh : Andry Hendrawan, S.Pd.,M.Pd

Olahraga adalah suatu kegiatan secara fisik maupun psikis untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Olahraga yang dilakukan secara rutin dan konsisten akan membawa dampak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Olahraga baik yang ringan maupun berat sebaiknya dilakukan setiap hari dengan durasi waktu tertentu. Untuk memperoleh kebugaran tubuh.
Olahraga juga akan memberikan banyak manfaat di kemudian hari dalam jangka panjang. Sebab olahraga ampuh untuk memberikan efek secara keseluruhan pada tubuh. Olahraga juga berfungsi sebagai obat ajaib yang kita dapatkan dengan lebih mudah tanpa biaya mahal, namun olahraga kerap diabaikan sehingga dapat mendatangkan berbagai keluhan kesehatan.
Namun meskipun demikian, berapa pun usia anda, tidak ada kata terlambat untuk berolahraga. Ada bukti ilmiah juga yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat menjadikan anda mempunyai tubuh yang lebih sehat dan bahagia. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa tubuh yang jarang digerakkan dengan olahraga dapat memberikan dampak yang lebih berbahaya dari obesitas. Masih ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan melakukan olahraga. Hanya saja tatkala kesibukan dalam pekerjaan yang menjadi kendala untuk berolahraga. Olahraga terlihat sangat sulit dilakukan karena tidak ada waktu luang untuk melakukannya.
Berikut tips agar kita dalam melakukan kegiatan olahraga di sela-sela kesibukan dalam bekerja :
Lakukan kegiatan olahraga sebelum bekerja
Banyak sekali kegiatan olahraga yang bisa kita lakukan sebelum Kembali ke rutinitas kerja akan tetapi kenali dulu kegiatan olahraga tersebut, tentunya yang bisa kita lakukan yaitu olahraga-olahraga ringan baik dengan alat maupun tanpa alat, seperti melakukan peregangan tubuh ataupun melakukan Gerakan gerakan Yoga dasar dan Gerakan senam ringan.
Jogging di sekitaran rumah bisa menjadi alternatif pilihan olahraga sebelum Kembali ke rutinitas bekerja. Bisa dilakukan sebelum bekerja 10-15 menit.
Latihan kekuatan lengan, bahu, otot perut dan tungkai kaki seperti push up, pull up, sit up, squat. Akan tetapi sebelum melakukan Gerakan-gerakan tersebut lakukan peregangan terlebih dahulu.
Lari-lari di tempat disertai jumping jack, skipping, naik turun bangku.
Lakukan Gerakan peregangan kaki, peregangan tangan, peregangan punggung saat sedang bekerja atau duduk di kursi.
Bila sempat bisa berolahraga di fitness center terdekat dengan kantor tempat bekerja.
Demikian beberapa tips berolahraga di sela-sela kesibukan bekerja, mudah-mudahan bermanfaat. Nantikan info-info lainnya di hibar online PGRI…….

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *