Model Pembelajaran Students Teams-Achievement Divisions (STAD) dan Model Numbered Heads Together
Model Pembelajaran Students Teams-Achievement Divisions (STAD) dan Model Numbered Heads Together
Oleh Yuliati Mulyana,M.Pd (SMPN 1 Paseh)
Model Pembelajaran Students Teams-Achievement Divisions (STAD)
Model ini memberikan pengalaman kepada siswa untuk terus mengasah dan mengembangkan kolaborasi dengan rekan sekelompok.Tugas akan terasa ringan bila dikerjakan bersama sama.Langkah-langkah model STAD adalah :
1. Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang secara heterogen. ( menurut prestasi, jenis kelamin, suku)
2. Guru melakukan penyajian materi pembelajaran dengan metode ceramah maupun tanya jawab, sesuaikan dengan kondisi dan materi yang akan disajikan.
3. Guru memberikan tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.Anggotanya yang sudah tahu, menjelaskan kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4. Guru memberi kuis dan pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
5. Siswa melakukan evaluasi.
6. Siswa membuat kesimpulan.
Pembelajaran ini sangat cocok untuk tugas kelompok yang harus dilakukan secara bersama sama, sehingga dapat diselesaikan sesuai tujuan pembelajaran.
Model pembelajaran Numbered Heads Together
(Kepala bernomor)
Model ini membawa siswa untuk belajar berkelompok. Bekerja sama untuk mempelajari sesuatu, sehingga dapat tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan.
Langkah-langkah model pembelajaran Numbered Heads Together adalah sebagai berikut :
1. Siswa di bagi dalam kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor.
2. Guru memberikan tugas dan masing- masing kelompok mengerjakannya.
3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui jawabannya
4. Guru memanggil salah satu nomor.
=========
Penulis adalah Guru IPA SMP Negeri 1 Paseh Kabupaten Bandung, Jawa Barat
GELAR KARYA; SALAH SATU MISKONSEPSI P5
GELAR KARYA; SALAH SATU MISKONSEPSI P5Oleh: IDRIS APANDI(Praktisi Pendidikan) Salah satu miskonsepsi yang banyak terjadi dan dilaksanakan di sekolah terkait
Jangan Berhenti Berdo’a
CAHAYA FAJARKamis, 10 Oktober 2024 BissmillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wr wbrkt Jangan Berhenti Berdoa keluargaku saudaraku sahabatku, yang dimuliakan oleh Allah Ta’ala…… Nabi saw bersabda :“Jangan Berhenti
PERUM BULOG PEDULI GIZI
PERUM BULOG PEDULI GIZI OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Tampilnya Perum Bulog mengantarkan kebaikan mengatasi stunting di berbagai daerah, tentu patut
Wapres Ma’ruf Amin Ungkap Tiga Capaian Utama di KTT ASEAN ke-44
HIBAR -Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri Sesi Pleno di Ruang 3 lantai 1, National Convention Center (NCC) Vientiane,
Rilis Logo, Tema, dan Theme Song Hari Santri 2024, Menag Ajak Terus Berjuang untuk Masa Depan
HIBAR -Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas hari ini meluncurkan logo peringatan Hari Santri 2024 dengan mengusung tema “Menyambung Juang
Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Peparnas XVII Tahun 2024
HIBAR -Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menghadiri acara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024 yang
Mantap, akan lebih mantap lagi apabila kedua model pembelajaran tersebut sudah mengaplikasikan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional.👍👍👍
👍👍👍