28 June 2024 14:38
Berita DaerahReportase

Kemendikbudristek Luncurkan Merdeka Belajar Episode ke-24: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Disdik Kabupaten Bandung Hadir

Kemendikbudristek Luncurkan Merdeka Belajar Episode ke-24: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Disdik Kabupaten Bandung Hadir

HIBAR PGRI– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan program Merdeka Belajar Episode ke-24 pada 28/3/2023,  yang bertujuan untuk membantu memudahkan anak-anak dalam memasuki tingkat pendidikan dasar dan mengatasi kesalahpahaman tentang calistung.
Dalam program ini, ada empat fokus penting yang menjadi perhatian yaitu, transisi yang lancar, pembinaan holistik untuk membentuk kemampuan anak, pembelajaran literasi dan numerasi yang menyenangkan, serta menghargai proses persiapan anak untuk memasuki sekolah.
 
Untuk mencapai tujuan tersebut, ada tiga target yang harus dicapai oleh satuan pendidikan, diantaranya menghapus tes calistung dari proses PPDB pada SD/MI, memberikan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama, dan memfasilitasi pemahaman yang tepat tentang kemampuan peserta didik melalui kegiatan pembelajaran.
“Kemampuan fondasi tersebut dibangun secara kontinu dari PAUD hingga kelas dua pada jenjang pendidikan dasar. Untuk itu, standar kompetensi lulusan bagi PAUD tidak dirancang per usia, namun sebagai capaian yang perlu dicapai di akhir fase dan dapat dipenuhi hingga kelas dua pendidikan dasar, serta tidak ada evaluasi kelulusan untuk siswa PAUD,” tegas Mendikbudristek.***
 

“Pendidikan yang Utuh”

ARISTOTELES DAN MURIDNYA. “Pendidikan yang utuh“ Di suatu pagi di akademi Athena yang megah, Aristoteles memutuskan untuk mengumpulkan murid-muridnya di

Read More »

Agar Lulus Ujian, Bersyukurlah

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuhAl jumaah 21 dhulhijjah 1445H 28 juni 2024MBismillahiirohmaniirohiim SAUDARAKU DIHARI JUMAAH YANG PENUH BAROKAH MARI KITA BERMOHON KEPADA

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *