7 October 2024 07:24
Sentuhan Qalbu

BATAS MAKAN SAHUR YANG BENAR ADALAH ADZAN SUBUH

BATAS MAKAN SAHUR YANG BENAR ADALAH ADZAN SUBUH

 
Bismillah,
 
(Bukan waktu Imsak sebagaimana yang tertera dalam jadual (Imsak).
 
Alloh ﷻ berfirman,
 
وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ
 
“Makan minumlah hingga jelas bagimu benang putih dari benang hitam, 
yaitu terbit fajar.
[QS. Al-Baqarah: 187].
 
Ayat ini menegaskan, bahwa Alloh memberikan izin untuk makan, minum, 
atau melakukan hubungan badan, sampai kita benar-benar yakin, fajar telah terbit. 
Di tempat kita, 
ini ditandai dengan waktu Subuh.
Di masa Nabi ﷺ, ada dua sahabat yang bertugas mengumandangkan adzan di waktu Subuh, Bilal dan Ibnu Ummi Maktum. 
Bilal melakukan adzan awal yang dikumandangkan sebelum Subuh, 
dan Ibnu Ummi Maktum melakukan adzan setelah masuk waktu Subuh. 
Rosululloh ﷺ menyuruh para sahabat yang sahur untuk tetap makan minum, 
hingga Ibnu Ummi Maktum melakukan adzan. Dalam hadis dari Ibnu Umar dan A’isyah rodhiallahu ‘anhum,
 
أَنَّ بِلاَلًا كَانَ يُؤَذِّنُ بِلَيْلٍ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: كُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يُؤَذِّنَ ابْنُ أُمِّ مَكْتُومٍ، فَإِنَّهُ لاَ يُؤَذِّنُ حَتَّى يَطْلُعَ الفَجْرُ
 
“Bahwa Bilal biasanya beradzan di malam hari. Lalu Rosululloh ﷺ bersabda,
‘Makan dan minumlah kalian, sampai Ibnu Ummi Maktum beradzan. Karena tidaklah dia mengumandangkan adzan, 
kecuali setelah terbit fajar.” 
[HR. Bukhari, no. 1919 dan Muslim, no.1092]
 
قَالَ القَاسِمُ: وَلَمْ يَكُنْ بَيْنَ أَذَانِهِمَا إِلَّا أَنْ يَرْقَى ذَا وَيَنْزِلَ ذَا
 
Al-Qosim, (salah satu perawi hadis yang melihat kejadian azan dua kali di Masjid Nabawi) mengatakan: 
*Jarak adzan Bilal dan Ibnu Ummi Maktum adalah Bilal turun*, kemudian digantikan 
Ibnu Ummi Maktum
[Sahih Bukhari, 3/29].
 
Imam An-Nawawi mengatakan:
*Hadis ini menunjukkan bolehnya makan*,*minum*, *jimak*, dan segala sesuatu yang mubah, sampai terbit fajar. 
[Syarah Sahih Muslim, 7/202].
 
*Mereka Sahur Mepet Subuh*
Terdapat banyak riwayat yang menunjukkan bagaimana Rosululloh ﷺ dan para sahabat melakukan sahur. 
Mereka makan sahur mepet Subuh. 
Dalam kitab Silsilah Ahadits Sahihah (Kumpulan hadis-hadis sahih), 
pada keterangan hadis no. 1394, 
penulis menyebutkan beberapa Riwayat :
 
Pertama : Dari Abu Umamah,
 
أقيمت الصلاة والإناء في يد عمر، قال: أشربها يا رسول الله؟ قال: نعم، فشربها
 
“Adzan Sholat Subuh dikumandangkan, sementara Umar masih memegang gelas. Beliau bertanya : ‘Bolehkah aku minum, 
wahai Rosululloh ?’ 
Beliau ﷺ menjawab : “Ya.” 
Umar pun meminumnya. 
[Riwayat Ibn Jarir dengan sanad Hasan].
 
Kedua: Dari Bilal bin Rabah rodhiyallohu ‘anhu, beliau menceritakan,
 
أتيت النبي صلى الله عليه وسلم أوذنه لصلاة الفجر، وهو يريد الصيام، فدعا بإناء فشرب، ثم ناولني فشربت، ثم خرجنا إلى الصلاة
 
“Saya mendatangi Nabi ﷺ memberi tahu beliau untuk Salat Subuh. Ketika itu beliau hendak puasa. Beliau minta dibawakan air 
dan beliau meminumnya. 
Kemudian beliau berikan sisanya kepadaku, dan aku pun meminumnya. Kemudian beliau menuju masjid untuk sholat.” 
[Riwayat Ahmad dan perawinya Tsiqah].
 
Ketiga : Dari Anas bin Malik rodhiyallohu ‘anhu, beliau menceritakan,
Nabi ﷺ pernah menyuruhnya,
 
أنظر من في المسجد فادعه، فدخلت المسجد، فإذا أبو بكر وعمر فدعوتهما، فأتيته بشيء، فوضعته بين يديه، فأكل وأكلوا، ثم خرجوا، فصلى بهم رسول الله صلى الله عليه وسلم صلاة الغداة
 
“Lihat siapa yang ada di dalam masjid. 
Ajak dia kemari. Aku pun masuk masjid. Ternyata ada Abu Bakar dan Umar. 
Aku memanggil keduanya. 
Lalu aku membawa makanan 
dan kuhidangkan di hadapan Nabi ﷺ. 
Beliau makan. Abu Bakr dan Umar pun ikut makan. Kemudian mereka keluar menuju masjid, dan Rosululloh ﷺ mengimami sahabat Salat Subuh. 
[Riwayat Al-Bazzar dan Al-Hafidz Ibn Hajar menilai Sanadnya Hasan].
 
Keempat : Dari Hibban bin Harits,
 
تسحرنا مع علي بن أبي طالب رضي الله عنه، فلما فرغنا من السحور أمر المؤذن فأقام الصلاة
 
“Kami pernah sahur bersama 
Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu. 
Selesai sahur beliau menyuruh muazin untuk mengumandangkan iqamah.” 
 
[HR. At-Thahawi dalam Syarhul Ma’ani dan perawinya tsiqah].
 
Semua riwayat di atas menunjukkan, bahwa Nabi ﷺ dan para sahabat TIDAK MENGENAL IMSAK 10 menit sebelum Subuh.
 
Wallohu Bishowab
 
Semoga Bermanfaat…

“LIANG COCOPET”

“LIANG COCOPET” OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA “Liang Cocopet” adalah ungkapan umum dalam kehidupan masyarakat. Tatar Sunda, yang intinya menggambarkan tempat

Read More »

Tanda Terimanya Sebuah Amal

MUHASABAH AKHIR PEKANMinggu, 6 Oktober 2024 TANDA DITERIMANYA SUATU AMAL BismillahirrahmanirrahiimAssalamu’alaikum wr wbrkt… Saudaraku,Perlulah kita ketahui bahwa tanda diterimanya suatu amalan adalah apabila

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *