5 October 2024 20:21
Sentuhan Qalbu

Hakikat Berkah

HAKIKAT BERKAH

Dede Ridwan,S.Pdi

Untuk memahami sesuatu dengan benar dan tidak gagal faham, tentunya kita harus memahaminya dari berbagai sisi dan aspek. Termasuk hal yang akan kita kaji dalam tulisan ini adalah tentang hakikat berkah. Kita sering mendengar istilah berkah, misal, semoga Allah swt memberkahi umur-mu. Semoga Allah swt memberkahi harta-mu. Dan lain sebagainya. selanjutnya, apa itu berkah? Apa yang dimaksud berkah dalam ungkapan diatas? Untuk memahaminya secara detil marilah kita kenali dulu arti “berkah” secara bahasa dan istilah. Seperti yang dijelaskan oleh para ahli diantaranya sebagai berikut:


1. Makna Berkah:

Menurut bahasa: Berkah secara bahasa bisa berarti, “banyak” (التَّكْثِيرُ) bisa juga berarti “tetap/langgeng” “tambahan” “tumbuh”
Kata barakah (البركة) diambil dari kata pecahan “buruukun” (بروك) atau dari kata “birkah” (بركة). Ada istilah buruukul ba`iir/menderumnya unta (بروك البعير) menderumnya unta menunjukkan tetapnya unta tersebut di tempat itu.
Atau diambil dari kata “birkah” (البركة) yang artinya “tempat berkumpulnya air” (مجتمع الماء), yang ini menunjukkan banyaknya air di tempat tersebut, dan tetap berada padanya (تدل على كثرة الماء في هذا الموضع، وعلى لزومه له، وعلى ثبوته فيه)


Menurut Istilah : Adapun secara istilah para ulama menjelaskan bahwa berkah itu adalah:

كثرة الشيء الذي فيه الخير، وثباته، ولزومه
Banyaknya sesuatu yang padanya terdapat kebaikan dimana kebaikan itu tetap berada padanya. (At-Tamhiid, syarah kitab tauhid, 1/120)

Berkah juga bisa berarti:
الزيادة من الخير والكرامة
Tambahan kebaikan dan kemuliaan. (Syarah sunan Abi Daud, al-aini, 4/261)

Berkah juga bermakna “banyaknya pahala yang diraih” (تَكْثِيرُ الثَّوَابِ). (Syarah adz-zarqani ala muwattha, 1/570).

Berkah itu bersifat tetap dan langgeng tidak perpindah dan tidak hilang. Bahkan terus bersambung sampai ke alam kubur dan terus berlanjut sampai ke surga-Nya.

UMUR YANG BERKAH
umur yang berkah artinya orang yang bisa memanfaatkan umurnya untuk meraih pahala yang banyak dengan iman dan amal shalehnya.
Umur yang tidak ada berkahnya, artinya orang yang diberi umur panjang, tetapi tidak dimanfaatkan untuk beramal shaleh, sehingga kosong dari pahala.

ILMU YANG BERKAH
Ilmu yang berkah, artinya ilmu yang ada pada seseorang yang dengan ilmu itu dia mengamalkannya sehingga berbuah amal shaleh dan mengajarkannya kepada orang lain sehingga menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir walaupun orangnya sudah meninggal dunia. Adapun ilmu yang tidak berkah adalah sebaiknya dari itu.

ANAK YANG BERKAH
Anak yang berkah, artinya anak yang menjadi kebaikan bagi kedua orang tuanya, untuk urusan dunia dan akhiratnya. Anak yang shaleh merupakan investasi akhirat yang luar biasa hebat untuk meraih ampuunan dan pahala dari Allah swt.

HARTA YANG BERKAH
Harta yang berkah, artinya harta yang ada pada seseorang yang dengan harta itu dia mewujudkan amal shaleh berupa menunaikan kewajiban zakat, infaq, sedekah dan menolong sesama. Demikian juga sebaliknya.

 

2. Kepada Siapa meminta berkah?

Dari sini muncul istilah tabarruk wazan tafa`ul yang bermakna mencari berkah (طلب البركة)

Kalau kita kaitkan dengan makna tabarruk diatas maka tabarruk berarti mencari/meminta kebaikan yang banyak dan meminta supaya kebaikan itu tetap langgeng padanya. (طلب الخير الكثير، وطلب ثباته، وطلب لزومه) (At-Tamhiid, syarah kitab tauhid, 1/120)

Nash-nash yang terdapat dalam al-Qur`an menunjukkan bahwa berkah itu dari Allah swt, bahwa Allah-lah yang memberi berkah. Tidak ada seorangpun yang bisa mendatangkan berkah tanpa izin Allah swt. ( يبارك أحدا أن البركة من الله . وأن الله – جل وعلا – هو الذي يبارك، وأنه لا أحد من الخلق ). (At-Tamhiid, syarah kitab tauhid, 1/120).

Maka, hanya kepada Allah swt kita memohon berkah, karena ditangan-Nya lah semua berkah. Siapa yang meminta berkah, memohon berkah kepada selain Allah swt, maka dia sudah melakukan perbuatan syirik. Na`uudzu billah.

Firman Allah swt
تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَى عَبْدِهِ

Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam. (Al-Furqan, 1)
تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ
Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, (QS. Al-Mulk, 1)


Bersambung…

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *