5 October 2024 20:15
Berita Daerah

Disdik Kabupaten Bandung, Melaksanakan Assesmen Berbasis Literasi Numerasi

Disdik Kabupaten Bandung, Melaksanakan Assesmen Berbasis Literasi Numerasi

 
HIBAR PGRI– Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung melaksanakan Assesmen Berbasis Literasi Numerasi Gelombang 3, Kamis 16 Maret 2022. Kegiatan tersbut berlangsung dalam 5 Gelombang. Bimbingan teknis ini dalam rangka program kerja Disdik Kabupaten Bandung. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Drs H.Ruli Hadiana beserta jajaran Kabid SD dan Kurikulum.
Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia serta untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
Sementara Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia.
Asesmen (penilaian) numerasi bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan. Dalam pelaksanaan Bintek ini peserta menyusun instrumen asesmen formatif dan sumatif bersamaan dengan menyusun modul ajar.
Pentingnya literasi dan numerasi bagi siswa di antaranya yaitu 1) Membantu siswa untuk berpikir kritis sesuai dengan kompetensi pembelajaran abad 21; 2) Sebagai persiapan siswa untuk menjalani hidup di luar ruangan kelas, baik dalam lingkungan masyarakat ataupun dunia kerja; 3) Sebagai pengetahuan dan ketrampilan.
Dalam bimbingan teknis ini,peserta diberikan pembekalan mulai dari pengertian dasar, tujuan, praktik, best practice, kompetensi Litnum, Assesmen berdasarkan Litnum (Literasi Numerasi), RPP Literasi Numerasi, Penyusunan soal Hots Litnum,Kompetensi Litnum dan Strategi penerapannya.***(imn)

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *