6 October 2024 15:27
Sentuhan Qalbu

Pintu Surga Ar Rayyan Bagi yang Berpuasa

Pintu Surga Ar Rayyan Bagi Orang Yang Berpuasa

MUHASABAH SHUBUH

Kamis 9 Maret 2023

_Bismillahirahmanirahim_
Assalamualaikum wrm wbrkt

Pintu Surga Ar Rayyan Bagi Orang Yang Berpuasa

Saudaraku,
*Dari Sahl bin Sa’ad,* *Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda*:

*“Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut “Ar Rayyan“. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, “Mana orang yang berpuasa.”* *Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya ”* ( HR. Bukhari dan Muslim ).

*Pelajaran yang terdapat di dalam haditst* :

1. Ar Rayyan yang maksudnya adalah nama salah satu pintu di surga yang hanya dikhususkan untuk orang yang berpuasa memasukinya.

2. Ibnu Hajar menyebutkan bahwa dalam lafazh hadits lainnya disebutkan bahwa di surga itu ada delapan buah pintu. Salah satu pintu dinamakan Ar Rayyan. Pintu tersebut tidaklah dimasuki selain orang yang berpuasa ( lihat Fathul Bari, 4: 132 ). Hadits yang dimaksud adalah, :

*Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, “ Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa ”*
( HR. Bukhari no. 3257 ).

3. Dan juga menandakan bahwa siapa saja yang meninggalkan sesuatu karena Allah, maka akan diganti dengan yang lebih baik, sebagaimana disebutkan dalam haditst, :

*“Jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah ‘azza wa jalla, maka Allah akan mengganti padamu dengan yang lebih baik”* ( HR. Ahmad ).

Karena orang yang berpuasa itu meninggalkan syahwat hubungan intim, makan dan minum semuanya karena Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana disebutkan dalam hadits qudsi,

Allah Ta’ala berfirman, :

*“Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku ”* ( HR. Bukhari dan Muslim ).

4. Karena ia meninggalkan kenikmatan-kenikmatan ini karena Allah, maka Dia akan mengganti dengan yang lebih baik. Bahkan amalan puasa ini dikhususkan untuk Allah, Dialah yang nanti akan membalasnya. Dalam hadits qudsi disebutkan, :

*“Setiap amalan manusia adalah untuknya. Kecuali amalan puasa itu untuk Allah dan Dia yang nanti akan membalasnya”*
( HR. Bukhari dan Muslim ).

5. Mengenai hadits balasan pintu Ar Rayyan di atas mengandung pelajaran tentang keutamaan puasa dan karomah bagi orang yang berpuasa.

Demikian kata Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim ( 8: 31 ).
Semoga Allah memudahkan kita untuk memasuki pintu tersebut dengan amalan puasa kita.
*Tema hadist yang berkaitan dengan Al Qur’an :

1. Yaitu takut akan hari ia dihadapkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan takut akan keputusan Allah terhadap dirinya di hari itu, lalu ia menahan hawa nafsunya dan tidak memperturutkannya serta menundukkannya untuk taat kepada Tuhannya.

*Dan adapun orang – orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal ( nya )*. ( QS. An-Nazi’at ayat 40- 41 )

2. Semua amal Bani Adam akan dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman, ‘Kecuali puasa, maka ia untuk- Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya, yakni Aku akan memberikan pahala yang banyak tanpa menentukan kadarnya.

*Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas* 
( QS. Az-Zumar ayat 10 )

3. Di dalam surga terdapat nikmat yang belum pernah terlihat oleh mata, belum pernah terdengar oleh telinga, dan belum pernah terdetik dalam hati seorang manusia pun.

*Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka, yaitu ( bermacam-macam nikmat ) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan*.
[QS. As-Sajdah ayat 17]

Semoga Allah swt selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat kesehatan utk dpt berpuasa wajib dan puasa sunah dan sll ISTIQOMAH
Aamin Ya Robal Alamin

_Wass_

“LIANG COCOPET”

“LIANG COCOPET” OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA “Liang Cocopet” adalah ungkapan umum dalam kehidupan masyarakat. Tatar Sunda, yang intinya menggambarkan tempat

Read More »

Tanda Terimanya Sebuah Amal

MUHASABAH AKHIR PEKANMinggu, 6 Oktober 2024 TANDA DITERIMANYA SUATU AMAL BismillahirrahmanirrahiimAssalamu’alaikum wr wbrkt… Saudaraku,Perlulah kita ketahui bahwa tanda diterimanya suatu amalan adalah apabila

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *