6 October 2024 00:37
Berita Daerah

Perundungan Siswi SMAN 1 Ciwidey, Kapolresta Bandung Mengedepankan UU Perlindungan Anak

Perundungan Siswi SMAN 1 Ciwidey, Kapolresta Bandung Mengedepankan UU Perlindungan Anak

 

HIBAR PGRI– Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo membenarkan adanya kasus perundungan yang dialami oleh tiga orang siswi SMAN Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (17/2/2023) kemarin. Ia mengatakan unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Bandung telah turun langsung menyelesaikan kasus tersebut.
“Berkaitan dengan adanya kegiatan perundungan di sekolah, kami dari Polresta Bandung khususnya unit PPA Satreskrim Polresta Bandung langsung hari itu juga turun ke sekolahan tersebut, bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas Polsek Ciwidey,” katanya ditemui usai giat Jumat Curhat di Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jumat (17/2/2023).
Pihaknya menyebut telah mengantongi identitas para pelaku yang melakukan aksi perundungan terhadap siswi SMAN Ciwidey tersebut
Guna objektif dalam menegakkan peradilan khususnya peradilan anak, pihaknya menyebut lebih mengedepankan azaz ultimum remedium yang mana peradilan itu merupakan langkah terakhir yang ditempuh setelah upaya lain dilakukan. “Nah kemarin walaupun kami tetap ambil data dan keterangan, kami juga menghadirkan pihak sekolah untuk menengahi. Kami hadirkan para orangtua murid yang merundung supaya ini tidak terjadi lagi, ada ucapan maaf dan juga ada pernyataan dari keduanya, pelaku berjanji untuk tidak melakukan kembali dan suasana sudah kondusif, sehingga untuk sementara kami nomer dua kan untuk peradilan pidananya,” ujar dia.

Langkah tersebut diambil, lantaran Undang-Undang perlindungan anak menyebutkan masa depan anak lebih diutamakan dalam proses penyelesaian. “Ya betul, mediasi dulu sebelum ke langkah hukum.Jadi yang kami ke depankan ada azaz itu, karena UU peradilan anak menyebutkan bahwa masa depan anak adalah yang diutamakan dalam penyelesaian,” ungkap dia.
Iwan, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Humas SMAN 1 Ciwidey membenarkan adanya tindak kekerasan serta pemukulan yang dilakukan delapan siswi SMAN 1 Ciwidey terhadap tiga temannya.”Memang betul telah terjadi perselisihan antara korban dengan beberapa temannya, yang mengakibatkan ada tindak kekerasan berupa pemukulan terhadap korban,” ujarnya dikonfirmasi, Jumat (17/2/2023).
Dia mengatakan, pemicu perselisihan antara korban dan pelaku tidak ada kaitannya dengan kegiatan sekolah. Selain itu, kejadian tersebut terjadi di luar jam sekolah dan di luar lingkungan sekolah, yakni di bekas penggilingan padi.

Karena kejadian terjadi di luar sekolah, kata Iwan, perundungan itu di luar pantauan sekolah dan sepenuhnya merupakan tanggung jawab orangtua.

“Pemicunya bukan karena sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Kemudian, kejadiannya terjadi di luar pemantauan pihak sekolah, tetapi sudah menjadi perhatian dan tanggung jawab penuh orang tua masing-masing. Kegiatan pembelajaran pada hari Jumat hanya sampai pukul 11.35 WIB, sementara peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB,” kata dia.

Usai mendapatkan laporan adanya perundungan yang dialami oleh siswinya, pihak sekolah melakukan mediasi antara para pelaku dan korban, juga para orang tuanya.

“Pihak sekolah sudah melakukan tindakan berupa mediasi secara kekeluargaan antara para siswa yang terlibat, para orangtua siswa yang bersangkutan, dan disaksikan oleh Kamtibmas Polsek Ciwidey,” tambahnya.***

Sumber Foto

 

Muhasabah Diri

Semangat SubuhSabtu, 5 oktober 2024 BismillahirahmanirahimAssalamu’alaikum wrm wbrkt MUHASABAH DIRI Saudaraku,Kadangkala dalam seharian kehidupan kita tak sadar ada tutur kata

Read More »

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN

SOLUSI DIVERSIFIKASI PANGAN OLEH : ENTANG SASTRAATMADJA Benar yang dikatakan Proklamator Bangsa Bung Karno ketika meletakan batu pertama pembangunan.Gedung Fakultas

Read More »

One thought on “Perundungan Siswi SMAN 1 Ciwidey, Kapolresta Bandung Mengedepankan UU Perlindungan Anak

  • 🚀 Wow, blog ini seperti roket meluncurkan ke galaksi dari kemungkinan tak terbatas! 💫 Konten yang menarik di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi pikiran, memicu kagum setiap saat. 🌟 Baik itu inspirasi, blog ini adalah sumber wawasan yang menarik! #KemungkinanTanpaBatas 🚀 ke dalam perjalanan kosmik ini dari pengetahuan dan biarkan pikiran Anda terbang! 🚀 Jangan hanya menikmati, alami kegembiraan ini! 🌈 Pikiran Anda akan bersyukur untuk perjalanan mendebarkan ini melalui dimensi keajaiban yang menakjubkan! 🌍

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *